[MINI REVIEW] LOCAL/ INDONESIA LIQUID LIPSTICK UNDER 100RIBU

21 Des 2016

Hi Semuaaa!

Demam Liquid Lipstick Matte di brand Indonesia nampaknya masih terus happening sampai akhir tahun. Tadi liat sekilas ada salah satu brand kenamaan Indonesia yang kemarin matte lipstick murmernya happening banget pun lagi keluarin lip cream. 

Sebelumnya aku udah ngereview beberapa brand Indonesia yang ngeluarin lip cream/ liquid lipstick di link bawah ini. 







Nah karena ada beberapa liquid lipstick yang aku punya tapi belum aku review, jadi aku bakal jadiin satu aja deh untuk mini reviewnya. Kebetulan harganya pun di bawah 100ribu semua. 




PIXY LIP CREAM in Classic Red

price : range harga sekitar 40ribu-50ribu


Walaupun Pixy buatan PT.Mandom tapi produksinya Indonesiaaa...ya bolehlah ya dimasukkin ke Lokal haha. Packagingnya lip cream pixy ini agak "keluar" dari packaging pixy yang biasanya. Kalau biasanya punya tone warna pastel, yang ini main di bold color hitam dan shocking pink di bagian tutupnya. Di bagian bawahnya ada sisi transparan yang bikin kita bisa ngintip warnanya. Aplikatornya doe foot, standar sih...tapi cukup enak kok buat ngangkat formula lip creamnya.

Matte finish 
Classic red ini warna merah dengan tone orange yang kuat. Formulanya cair dan cenderung transparan. Konsistensinya ga terlalu pekat, sehingga butuh beberapa oles supaya hasilnya lebih ngecover dan intense. Aku suka dengan rasanya ketika digunakan. Super lightweight dan nyaman. Aroma lip cream ini memiliki sedikit vanilla scent yang masih tolerable dan ga bikin pusing.

Ketika dia transform into matte, ada sedikit sensasi lengket..sedikit sekali. Namun saat sudah kering rasanya nyaman dan ga bikin bibir ketarik. Pixy lip cream ini juga ga memperjelas garis garis bibir kok. Cukup transferproof tapi kalau digunakan makan ya tetap memudar. 

ZOYA LIP PAINT in PINK POWDER

price : 70ribu sekian di dan dan


Kalau diliat-liat sih packagingnya mirip sama pixy dan mica. Jadi ga usah dikomenin lagi lah ya haha anggep aja idem. Aplikatornya pipih, enak kok buat angkat produknyaaa...tapi sayangnya formulanya agak sedih menurut aku.

Matte finish 
Pink powder ini warnanya super lucu, makanya aku tergoda belinya karena fuchsia yang kalem gitu. Sayangnya formulanya gak terlalu bagus.. kalau baca dari blog Mba Arum, ini salah satu shade yang formulasinya agak failed. Pas diaplikasikan, susah banget ratanya sis! runny dan ga bisa cover bibir. Aku masih berharap dengan swipe selanjutnya bisa ngecover bibir, tapi nyatanya semakin diratain semakin susah yang ada :( sedih banget padahal warnanya bagus. 

Setelah mengering hasilnya kaya agak misah gt, memperjelas garis garis bibir juga. Karena disitu fotonya senyum jadi masih agak ketolong. Pokoknya dari semua lip cream, ini yang  aku paling ga terlalu suka. Semoga ada perbaikan formula ke depannya deh huhu

MINERAL BOTANICA SMLC in Crimson Heart

price : range harga 50ribuan 


Mica atau Mineral Botanica ini udah jadi favorit sejuta umat. Formulasinya yang nyaman dan gampang dipakai di bibir bikin dia jadi idola semua lipstick junkie. Harganya pun sangat affordable. 


Mica SMLC ini ga 100% matte, karena kandungan oil dan moisturizernya masih banyak. Itu juga yang bikin bibir jadi nyaman dan ga kering pas pake ini produk. Warna Crimson heart di atas adalah salah satu warna pure red yang bagus dipakai semua skintone. Meninggalkan stain saat dihapus tapi keliatan cukup Natural.

Sayangnya aku ga terlalu suka aroma tutti fruity MICA SMLC ini karena aku ga suka wewangian yang manis buah-buahan.


MAKE OVER INTENSE MATTE LIP CREAM in 003 SECRET

price : range 80-95ribu (aku dapat di mahmud bandung sekitar 80ribu)

Packaging yang mirip dengan versi glossnya, travel friendly dan "intip"able karena transparan botolnya.

Dari semua brand yang di review disini, LT Pro dan Make Over adalah brand yang segmentednya lebih professional cosmetics. Make over adalah salah satu brand favoritku. Formulasinya selalu nyamannn digunakan..sayangnya inovasi produk dia selalu agak lebih lambat dibandingkan brand lainnya. Bahkan brand sister-sisternya sendiri. Jadi pas udah keluar, rasanya udah ga happening lagi..padahal produknya bagus. Ditambah warnanya yang terlampau aman, bahkan wardah yang klaimnya halal cosmetics pun warnanya sudah lebih berani dari brand make over yang mengusung professional cosmetics.


Make over intense matte lip cream ini punya formulasi yang paling nyaman di antara semuanya. Worth dengan harga segitu! Dia smooth dan gampang di olesin di bibir. Sekali oles pun udah ngecover keseluruhan bibir. 

Untuk daya tahan sih masih tergolong biasa, karena dia juga masih transfer kemana-mana walaupun aku ga masalah dengan transfer problem gini. Sayangnya semua produk make over terutama lipsticknya.. punya chemical scent yang cukup ketara. Mungkin kalau dikasih sedikit parfume seperti matte lip cream lainnya akan lebih baik, ya sedikit aja supaya ga terlalu plain banget juga >.<

LA TULIPE STAY MATTE 003

price : sekitar 50ribuan


Setelah sisternya ngeluarin Long Last Lip Cream, ternyata kakaknya juga ikut ngeluarin Matte Lip cream. Packagingnya lumayan beda dengan brand lokal lainnya...terutama di pemilihan warnanya.


Formula si la tulipe ini super licin dan kerasa oily banget. Susah diratakan karena terlalu licin dan transparan (keliatan kan di foto). Ngesetnya agak lama dan sekalipun ngeset dia ga 100% matte. Masih transfer kemana-mana. 

Positifnya adalah formula seperti ini cukup ramah di kulit bibir, ga memperjelas garis-garis bibir dan ga terlalu drying. Masih terasa cukup lightweight.

Lip Cream La Tulipe memiliki scent vanilla yang bener bener soft..


AUBEAU LIP PAINT in CHOCOLATE PLUM

harga : sekitar 40ribuan


Aubeau dulu terkenal dengan eye primernya, tapi sekarang dia juga ngeluarin lip cream. Aku udah lama liat lip paintnya yang sliweran di socmed, sayangnya susah banget nyarinya..sampe akhirnya aku nemu di Mahmud Bandung. 


Aubeau lip paint chocolate plum ini warnanya bagus banget!! super sukaaak. Kalau budget tipis trus pengen beli lipstick ala ala kylie mungkin bisa lah ini jadi alternatifnya haha Formulanya sebenernya enak banget. Pigmented, glides smoothly dan gampang diratainnya. Tapi karena faktor dead matte finished, ada sensasi ketarik dan lengket pas transisinya. 

Kering ga? karena dia dead matte jadi otomatis kering dan agak susah dihapusnya. 


SARIAYU DUO LIP COLOR DLC K-08

price : 99ribu di counter martha tilaar (semoga belum naik)


Sariayu Duo Lip color ini launching berbarengan dengan krakatau series. Packaging yang cukup ekonomis dan hemat tempat dengan isi matte dan gloss di dalamnya. Warnanya banyaaak tapi aku kepincut berat sama DLC K-8 ini. Sayangnya packagingnya agak melupakan bagian penting yaitu tulisan matte dan gloss permanennya...karena tulisannya hanya nangkring di plastiknya, yang kalau dikelupas ya hilang sudah.


Untuk formula yang matte bener bener kece.. enak dipakenya, enak diolesnya dan ga terasa berat. Dia ga 100% matte, jadi masih ramah di bibir walaupun transfer kemana-mana. Glossnya pun bukan seperti gloss transparan pada umumnya. Glossnya punya warna yang intense dan ga lengket. Formulasi keduanya cukup nyaman digunakan di bibir. Sayangnya aroma tutti fruitynya agak strong saat digunakan.


FAQ:

1. Harganya beda dengan aku beli? harga bisa beragam tergantung tempat kamu membelinya, makanya aku kasih range sepengetahuan aku. 

2. Warnanya beda di bibir aku, kok bisa? Swatch di bibir bisa berbeda setiap orang..dipengaruhi oleh warna asli bibir, warna kulit, pencahayaan, kamera dan banyak faktor lainnya

3. Kak enakan yang mana? semuanya tergantung dengan selera. Kalau menurut aku si A lebih enak kan belum tentu sama dengan selera yang lain. Jadi cermati dulu preferensi kamu.. semua produk punya sisi plus dan minusnya. 

4. Brand A kering ga kak? Brand B gimana? mostly lip cream dengan hasil yang dead matte / matte akan lebih kering dari yang ga 100% matte. Karena memang dia matte lip cream ya kita mesti siap dengan lip balm dan bibir yang kering, karena finish dan moisturizernya ga sebanyak dengan satin atau gloss finish.


Semoga bisa cukup membantu dan bermanfaat ^^
xoxo



Iva Asih

11 komentar

  1. Gue jadi kepengen make over sama si aubeau, keliatan paling menarik~

    BalasHapus
    Balasan
    1. aubeau bagusss warnanyaaa van, kalau make over formulanya yg kece. menggoda yeee :P

      Hapus
  2. Duh LT PRO memang juara lipcreamnya kak, aku sependapat hehe

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  3. aubeau warnanyaaa keren bangeett, yg make over juga bikin penasaran sih. racun nih~

    lumierelight.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha racyuuun banget ya kayanya warna si aubeau >.<

      Hapus
  4. Jadi Pengen cobain yg aubeau warnanya cucok 😁

    BalasHapus
  5. iva, tapi kayanya sekarnag yang sariayu batch baru tulisan matte-glossy nya udah nempel loh di produknya. soalnya aku punya 2 lipcream nya sariayu. yang satu labelnya masih nempel di plastik, satunya lagi udah ada label nya sendiri yang mana matte yang mana glossy. kecil bgt sih pelabelannya, di deketnya tulisan SARIAYU nya.

    duh itu si makeover ketje parah! aku belum nyoba tapi baca reviewan sana sini jarang yang failed sih~


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. batch yg kapan sher? km belnya kapan? aku dikirimin sama sariayu ayu 3 bulanan yg lalu masih sama sih, ya kalaupun udah syukurlah ada perbaikan :D

      Hapus
  6. Aubeau sumpah naksir berat warnanya caem bangetttttttttt..... Sama Sari ayu juga naksir lagi penasarn pakai lipstik glossy :D

    BalasHapus