6 Des 2016

PAC Beauty Workshop with Justin Henry MUA IMAE 2016



Akhir-akhir ini aku lagi gencarnya ikut workshop dan seminar. Ngerasa masih banyak kekurangan urusan makeup dan hair do secara professional dan butuh dibimbing sama yang jauh lebih experience di bidangnya. Kebetulan juga udah akhir tahun banyak banget workshop yang lagi digelar..salah satunya workshop di IMAE 2016 (international makeup artist exhibition) yang berkolaborasi dengan Justin Henry dan disponsori oleh PAC tanggal 3 desember 2016 sabtu kemarin.

Tema workshopnya adalah Spotfree expose, dimana point dari workshop ini lebih kepada makeup untuk photoshoot. Aku beberapa kali makeup-in untuk beauty shoot dan ternyata emang tricky. Karena kamera jaman sekarang udah makin canggih buat nangkep detail detail yang kadang missed oleh mata kita.

In the real life bakal keliatan bagus bagus aja tapi pas udah sampe di kamera beda. Apalagi urusan complexion, seringkali kita harus pinter nyiasatin kulit model. Ga semua model itu kulitnya flawless, mereka juga kaya kita yang pasti pernah breakout (walaupun breakoutnya mereka tetep aja cakep, ga kaya gue wkwk). Apalagi model yang schedulenya super padet dan ga sempet bersihin wajah secara intense dari satu jadwal ke yang lainnya. 
Venue workshop di Balai Kartini
Acara workshop ini berlangsung selama 4 jam dari jam 10.00-14.00 walaupun mulainya agak terlambat karena satu hal dan yang lainnya. Jam 10.00 dimulai dengan registrasi dan pembagian goodies. 


Nah di atas adalah alat untuk workshopnya. Peserta cuma disuruh bawa tools tok! sisanya disediakan oleh IMAE dan PAC. Cermin dan mini size complexion diberikan ke peserta secara free dan makeup products dipinjamkan selama acara berlangsung. 


Setelah acara dibuka oleh MC, masuk ke acara sharing session dengan mas Ferry Zulfrizer. Beliau adalah fotografer yang sudah puluhan tahun berkecimpung di bidang commercial photography. Dari jaman kamera masih analog sampe kamera udah digital haha warbiazah kannn! Dari sharing session mas Ferry, beliau share juga ke kita MUA MUA yang mau berkembang terus di bidang ini.

1. Jangan pernah berhenti belajar, pahami secara pakem Natural dan Basic makeup. Kebanyakan photoshoot menggunakan Natural makeup, tapi seringkali agak tricky. Hasil kasat mata dengan hasil di kamera tidak selalu sama..jadi kita harus pintar dalam menyiasati segala kekurangan wajah model tapi tetap terlihat pas / tidak berlebihan.

2. MUA dan Fotografer adalah penjual jasa. Jadi kita pasti sering ketemu dengan berbagai macam klien dengan segala kebutuhan. Make sure kita paham betul kemauan dari klien kita. 

3. Selain itu, skill interpersonal juga diperlukan. Jangan lupa PDKT (pendekatan) dan memiliki atittude yang baik yaa :P supaya komunikasinya lancar dan project yang kita kerjakan pun akan kontinu.



Setelah sesi mas Ferry selesai, dilanjutkan dengan sesi Justin Henry. Justin Henry ini adaah MUA celebrity di United Kingdom. I really love his personality, very humble and professional. Dia sharing tentang bagaimana cara mengerjakan complexion untuk kebutuhan photoshoot.. maka dari itu model yang dipilih juga model dengan banyak flaw di wajahnya. 


Dari hasil workshop aku simpulkan beberapa hal yang penting mengenai makeup photoshoot yang dishare oleh Justin Henry: 

1. Kerjakan bagian mata terlebih dahulu, untuk menghindari fall out eyeshadow pada wajah model. Kalau sebelum menggunakan foundation, fall out bisa dengan mudah dihapus..tapi kalau sesudah pakai foundation akan lebih sulit dan kamera lebih mudah menangkapnya daripada kasat mata

2. Bagian alis hanya disikat ke arah atas dan diisi dengan menggunakan eyeshadow atau eyebrow cake untuk hasil yang lebih natural

3. Foundation digunakan per bagian wajah dengan mengkombinasikan brush dan sponge. Brush yang justin gunakan pun lebih seperti flat concealer brush yang bisa menjangkau ke bagian wajah yang sempit. Justin tidak memberikan concealer / cream foundation pada bagian jerawat yang aktif. Hanya diaplikasikan foundation dengan kuantitas yang lebih banyak untuk mengoreksi warna kemerahannya.

4. Justin men-set seluruh liquid foundation yang diaplikasikan dengan loose powder, lalu setelahnya diaplikasikan blush, shading dan highlight. Justin juga mengaplikasikan sedikit foundation pada bagian wajah yang berjerawat sesudahnya.

TADAAAA! hasilnya super flawless >.<




Setelah itu, model disiapkan untuk photoshoot session sehingga peserta bisa melihat hasilnya di kamera lewat big screen.






dan selanjutnya masing masing peserta diberikan waktu 30 menit untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh, dan ternyata itu sekalian dikontesin! hahahaha *keringet dingin* maaf banget aku ga sempet ngefotoin modelku secara proper karena riweuh banget >.< udahannya pun langsung beberes.. 


SHOW BY PAC

Setelah workshop selesai, kita diajak nonton show nya pac. Disitu justin juga demo makeup yang serupa dengan workshop dan ada hasil karya MUA-MUA puspita martha. 




credit to : allseebee.com

At the end of the show, diumumkan lah hasil 5 best makeup ketika workshop tadi. ALHAMDULILLAAAAH aku dapet 5 best makeup sama filia >.< super happy!


isi dari hamper 5 best makeup :D


credit to : allseebeee.com
credit to : mysugarcoffee.blogspot.com

THANK YOU SO SO MUCHHHH PAC <3 
hari sabtu kemarin aku nambah ilmu dan nambah kebahagiaan juga haha semoga ke depannya IMAE juga makin seru acaranya.




xoxo




Iva Asih

4 komentar:

  1. Seruuu banget, pengen datang, tp aku ga di jakarta kak huhu

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhhh kudoain IMAE bikin roadshow keliling indonesia ya *AAAMIIIIINNN*

      Hapus
  2. Berdoa event sekece ini ada di Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih AAMIIIIN, IMAE goes to jogja :3

      Hapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design