Make yourself a priority!

3 Nov 2017


Dulu pas jaman kuliah dan belajar Psikologi, aku belajar tentang yang disebut dengan Psikosomatis. Psikosomatis sendiri adalah gangguan atau reaksi fisik yang diakibatkan oleh tekanan mental/ pikiran. Pas belajar tentang ini, jujur aku masih abstrak banget sampe akhirnya ngerasain sendiri. 

Beberapa bulan yang lalu, aku ngalamin cukup banyak tekanan yang secara ga sadar dan ga langsung dipress ke alam bawah sadar....aku mulai ngerasa beberapa gangguan psikis jadi mudah sensitif dan mudah lelah secara mental. Beberapa kali aku ngalamin reaksi  fisik seperti lambung aku sakit berhari-hari dan siklus menstruasi aku bener-bener kecepetan jadi cuma 20 hari. Gak itu aja, kulit aku yang jarang jerawatan mendadak ekstrim jerawatan dan kering. Sampe akhirnya aku sadar, beberapa bulan  ke belakang "i've been through a lot" tapi karena keadaan jadi aku sedikit mengabaikan dan denial kalau aku lagi under pressure. Di sinilah aku sadar bahwa aku mengalami psikosomatis. Yha~ beginilah anak lulusan psikologi yang ga bisa mengelola stress dengan baik haha


Hari sabtu kemarin tanggal 28 oktober 2017, aku diundang oleh Liputan6.com dan Kalbe untuk mengikuti sharing session mengenai "the secret of healthy and happy women". Talkshow ini bertemakan pada wanita yang seringkali mengabaikan kesehatan tubuh, stress dan hal lain padahal hal tersebut penting adanya bagi wanita. Karena Wanita akan menjadi istri, ibu dan berperan penting dalam keluarga..sehingga kita berhak diingatkan bahwa diri kita berharga dan berhak merasa bahagia.

Pada hari itu turut hadir, Donna Agnesia sebagai spoke person pertama. Donna bercerita mengenai kesibukannya mengurus keluarganya. Donna juga berbagi bagaimana mengatur waktu untuk mengurus suami dan ketiga anaknya, tapi tetap memperhatikan fisiknya agar tetap sehat dan bugar. Salah satu tipsnya adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan berolahraga. Serta tidak lupa mengkonsumsi suplemen untuk tubuh.



Suplemen sendiri juga saat ini banyak variannya, termasuk untuk Kulit. Menurut dr. Melyawati Hermawan,Sp.KK mengkonsumsi suplemen tambahan bisa sangat membantu kulit kita yang setiap harinya terkena sinar matahari, polusi dan ancaman-ancaman di luar lainnya. Kalbe saat ini juga memiliki suplemen H2 Superba Krill Oil yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas di tubuh sehingga tubuh kita dapat berfungsi secara maksimal. Sedangkan H2 Fair Skin memiliki manfaat untuk menyamarkan flek hitam dan kulit kusam. 






Selain kebahagiaan fisik, tentunya sumber kebahagiaan utama diperoleh dari psikis. Menurut Psikolog Kassandra Putranto kita sebagai wanita harus dapat mengelola stress dengan baik. Karena stress dapat mempengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan kulit. 

Campaign "anda berharga" oleh Kalbe dan Liputan 6 ini juga mengingatkan pada kita tentang esensi hidup sehat yaitu FENUS, yaitu Food, Exercise, Nutraceutical dan Stress Reduction. Aku sendiri merasakan bahwa setelah melalui konsep ini, management stress aku bisa lebih baik dan berdampak pada kesehatan tubuh serta kulit :D

Oiya, Aku juga bikin tips olahraga disini :



Selain management stress yang berasal dari diri sendiri, support dari lingkungan juga merupakan hal yang berperan besar bagi wanita. Hal ini dibuktikan dari seorang anak yang turut hadir dalam Talk Show. Ia bercerita bagaimana ia mensupport secara positif kemoterapi yang dilakukan oleh Ibunya. Bagaimana mereka menikmati proses dan verbal support yang selalu disampaikan oleh sang anak membuat sang Ibu menjadi lebih baik walaupun di saat yang terburuknya.



Jadi walaupun kita wanita yang memiliki banyak perjuangan batin dan fisik, jangan lupa untuk merawat diri dan menjaga kesehatan. 

" Make yourself a priority karena kita berhak merasa bahagia"


1 komentar

  1. Ugh Ipeh juaraaahhh. Gue juga peh, pernah gak berasa tertekan otaknya, tapi badannya ancur-ancuran. Emang ngefek banget kebahagiaan dan ketenangan hati sama kondisi fisik.

    BalasHapus