Brushes for Beginners [Part 1 Makeup for beginners]

3 Feb 2016


perjuangan sis! haha
Berhubung sedang memasuki musim musim kondangan, kayanya banyak banget temen-temen yang pengen belajar makeup tapi ga tau mesti mulainya dari mana. Jangan sedihhh , jangan gundah, dulu aku juga gitu. haha. beruntunglah di Indonesia masih ada internet, jadi informasi mudah didapat. Salah satu hal yang bisa menunjang performa makeup yang cucolita adalah Brush Makeup.

Jaman dulu aku mulai belajar makeup, aku ga sejauh ituu mikirin kalau Brush Makeup punya peranan penting di Muka. Sampai suatu saat merenung, ibaratnya kita ngelukis, goresan yang besar dan goresan yang kecil punya kuas yang beda kan. Lah iya kalau kuasnya sama mah encok juga mau ngewarnain satu kanvas pake kuas yang gedenya seupil. 

Akhirnya sejak saat itu, aku mulai ngumpulin brush makeup satu satu. Beneran s-a-t-u s-a-t-u.. tujuannya apa? ya pertama biar ga kerasa berat pas ngeluarin duit, yang kedua supaya kamu tau bahwa kamu butuh brush itu, bukan asal beli dan jadinya ngejogrok ajah di meja rias. Thats why aku ga menyarankan sama sekali buat beli brush set yang isinya segambreng, dijamin bakal mubazirrrr..karena ga semuanya juga pewe dipake di muka dan kadang belum tentu juga semuanya dibutuhin :D

Nah dari seluruh brush makeup yang aku beli dengan asas nyicil, aku rangkum jadi 6 brush yang mesti wajib kamu punya kalau mau belajar make up :D

6 brush yang bisa bikin makeup kamu kece


1. BUFFING BRUSH


Buffing brush adalah brush makeup yang digunakan untuk mengaplikasikan based makeup, seperti foundation, two way cake, loose powder bahkan seringkali juga digunakan untuk bronzer. Buat teman teman yang masih belajar makeup dan seringkali belum bs ngeblend liquid product seperti foundation dengan rapih. Aku sangat menyarankan buat cobain buffing brush, brush ini paling aman banget buat aplikasi foundation/bb cream , hemat waktu juga pas digunakan. Dibandingkan dengan foundation brush yg pipih atau stippling brush, potensi keberhasilan pake brush ini 80% lah kira2 haha. Beberapa brand yang mengeluarkan buffing brush adalah Real Techniques di core collection, Morphe, atau kalau kesulitan beli online bisa coba juga Masami Shouko yang 08 Flat High Definition yg agak mirip ini bentuknya. Cara pakenya mudah, tinggal di baur memutar per bagian sampai merata ke seluruh area wajah. Nanti di part selanjutnya Makeup products for beginner, aku akan ngasih liat juga cara pakenya di video.

2. ANGLE BLUSH BRUSH



Buat kamu yang pengen pake blush on atau shading, aku saranin sih invest angle blush brush seperti di atas. Ini adalah brush yang multifungsi banget.. bisa digunakan buat aplikasi blush on di apple of the cheek kamu, atau bisa juga buat shading tulang pipi karena bentuknya asimetris. Brush ini mudah banget dicari dimana-mana, ada di Masami Shouko, Elf, dan beberapa brand lokal di luar sana. 


3. LID BRUSH


Belajar makeup pastinya belajar pake eyeshadow juga dong~ biasanya kalau beli eyeshadow seringkali kita dapet sponge applicatornya di dalam. Sponge applicator ini ada yang bagus dan bekerja baik dengan produknya, tapi ada juga yang *hmmmmfff sedih* . Jadi aku saranin kamu invest eyeshadow brush seperti di atas. Ini bisa ditemuin di mana2 kok, ada di Masami Shouko, Armando Caruso (brand-brand Sogo/Matahari), Tammia ataupun brand luar. Tips dari aku adalah beli lid brush / eyeshadow brush dengan bulu yang padat, biasanya dia ngangkat eyeshadownya lebih oke dibandingkan dengan brush yg agak kurang padat bulunya dan bikin buyatak kemana-mana bubuk eyeshadownya.

4. BLENDING BRUSH


udah kece nih buk eyeshadownya, tapi kok kasar banget ya hasilnya di kelopak mata. Nah ini kesalahan aku dulu, meninggalkan eyeshadow begitu saja tanpa di blending (baurkan) dan sekarang kejang-kejang sendiri liat foto jaman dulu. Ampuni saya Tuhaaan~ Setelah pake eyeshadow, baurkan pinggirannya pake blending brush seperti di atas.. and you'll look like a pro *tsaaah* blending brush ini bisa kamu temuin di brandnya Masami Shouko dan hmmmm... Masami Shouko haha aku udh ga paham nemu blending brush murah  berkualitas dimana lagi kalau bukan di Masami Shouko.. *plis ini bukan sponsor berbayar* :P gue modal kok!

5. ANGLE BRUSH

Buat sista2 yang lagi belajar ngalis dan ga pengen alisnya dicukur.. atau udah punya alis tebel. Cukup diisi aja pake eyebrow kit atau eyeshadow coklat, aplikatornya pake angle brush kaya di atas. Brush ini juga bisa untuk digunakan sebagai aplikator gel eyeliner. Angle brush banyak banget dijual di toko2 kosmetik (unbranded) , sampai di mall-mall dan olshop. 


6. SPOOLIE BRUSH



Alis kamu ketebelan, atau bagian depannya kaku banget rasanya? pernah dong ngalamin gini. Udah saatnya kamu beli spoolie brush, spoolie brush ini bener2 berguna banget buat bikin alis yang lebih natural. Tinggal sikat2 aja searah dengan pertumbuhan bulu alis dan tadaaa~ hasilnya lebih soft. Kalau kamu males beli ini, kamu bisa pake brush mascara yang udah kering, jgn lupa dibersihin dulu supaya sisa2 mascaranya hilang.

Nah kurang lebih, itu adalah 6 brush yang bisa kamu beli kalau mau belajar makeup. Kalau bingung cara pakenya gimanaa.. tenang aja nanti di part 2 aku mau bikin must have makeup products for beginners. Sekalian juga aku buat videonya menggunakan brush dan produk yang udah kujelasin ^^. Oiya, kalau bingung sama nama brushnya pas beli, kamu bisa tunjukkin aja langsung fotonya ke mba-mba yang jual hehe. Semoga post ini bermanfaat dan Selamat jadi kece paripurnaaa yaaa~ babay!



xoxo,



Iva



5 komentar

  1. wow =) this is great =)

    www.heykasumi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Angel brush kita samaaak.. Lid brush kita samaaak.. dan Buffing brush kita juga samaaak.. apa kah ini yang namanya jodoh?? *ngelantur*.. wkwkwkwkwk

    terimakasih atas informasinya yang berguna neg iva..

    www.sisetrsdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaaa, mungkin aku adikmu yang hilang? :') hahahahaha

      Hapus
  3. wah sama nih, aku juga banyakan pake masami hahahaa.. mmg itu sih yg agak ramah di kantong. tapi jadi kepikiran buat beli buffing brush :D ah iva ini ngeracun tersembunyi :P

    BalasHapus
  4. *ngacung*
    Tapi paling ga bisa hidup tanpa spoolie brush dan angle brush. Alis udah ketje tp kalo gak disapu2in pake spoolie nanti medok banget, gak natural. Pake blush on kalo gak pake angle brush beleberan, gak segaris gitu. hehe

    BalasHapus