SULAMIT COSMETICS REVIEW

8 Nov 2018


Masih inget banget di tahun 2016 aku sempet ngereview brand Sulamit disini. Dan sekarang seseneng itu karena bisa ngereview lagi Sulamit dengan design yang lebih baru dan tentunya juga dengan kualitas yang lebih diperbaharui. Dari packaging pink yang lalu dan sekarang packagingnya super kece dengan nuansa yang lebih modern.


Jadi sekitar seminggu yang lalu, aku dikirimkan sejumlah produk baru dari Sulamit. Oh iya, semua produk ini juga sudah tersedia di sociolla.com, jadi temen-temen bisa langsung buka Sociolla untuk membeli produk Sulamit ataupun cek review produk Sulamit versi teman-teman yang lainnya. Supaya ga kepanjangan, aku mau langsung aja bahas produk Sulamit satu per satu yang dikirimkan ke aku.

SULAMIT 
SMART STAY MATTE FINISH LIPPAINT
IDR 110.000 for 4,5 g
Available in 12 shades

“You & Your lips will love these matte Finish Lippaint. Easy to apply, well blended, not cause dryness and affordable”



Lippaint dari Sulamit ini adalah salah satu produk yang lagi sering banget seliweran di timeline socmed aku. Banyak banget temen-temen yang udah review ini dan bikin aku makin penasaran untuk coba sendiri buat experience produknya. Pas produk ini dateng, aku sesuka itu liat packagingnya. Tube transparan dengan finish doff dan nuansa putih bikin produk ini keliatan chic dan modern. Walaupun terbuat dari material plastik, tapi tube lippaint dari sulamit ini cukup kokoh dan sleek untuk dibawa-bawa dalam pouch travelling.



Seperti beberapa lip cream lokal, informasi dari Ingredients tertera di bagian segel plastiknya. Jadi kalau temen-temen butuh info ingredients, batch produksi ataupun produsennya, jangan lupa untuk di cek dulu sebelum di kelupas plastiknya. Buat aku pribadi, info ingredients yang ada di segel plastik seperti ini ga masalah sama sekali, karena bikin packagingnya jadi lebih bersih tanpa banyak tulisan dan meminimalisir penggunaan box yang ujung-ujungnya juga ga terlalu digunakan.




Jenis aplikator dari Sulamit Lippaint adalah doe foot applicator yang memiliki ujung asimetris untuk menjangkau ke area sudut bibir.

 STAY BRIGHT 15



Untuk lippaintnya sendiri aku mendapatkan 2 shades yaitu stay bright dan stay amazing. Stay bright adalah warna nude pink with strong hint of peach. Warnanya cantik tapi sayangnya untuk skintone aku tergolong masih terlalu terang atau agak neon sehingga agak sulit di blend dengan warna asli bibir aku yang aslinya memang lebih gelap dari warna lippaint stay bright.

Formula liquid lipstick sangat dipengaruhi oleh shades, jadi aku akan menjelaskan formulanya satu per satu sesuai shadenya supaya lebih representatif. Untuk shade stay bright memiliki konsistensi yang semi creamy dengan sedikit oil based. Jadi ketika dipoles ke permukaan bibir akan terasa smooth polesannya. Sayangnya karena warnanya terang dan agak sheer, jadi untuk satu kali layer kurang bisa menutup maksimal area bibir. Aku sarankan untuk dua kali layer agar bisa menutup area bibir secara maksimal, apalagi kalau bibir kamu lebih gelap dari warna lippaintnya seperti aku. Lippaint Sulamit ini biarpun di layer tapi masih terasa nyaman kok di bibir. Sedikit tips menggunakan warna liquid lipstick yang terang yaitu jangan mengatupkan bibir berkali-kali sampai formulanya bener-bener ngeset karena akan menjadi patchy dan lebih sulit di blend untuk layer keduanya.

Saat bertransformasi dari liquid ke matte, ada sedikit rasa lengket yang hilang dalam beberapa detik. Buat aku pecinta liquid lipstick, hal ini masih tergolong wajar karena tidak berlangsung selama pemakaian. Finish dari Sulamit stay bright 15 lip paint ini adalah matte, masih medium matte dan bukan dead matte yang bikin bibir ketarik gitu. 

Ada sedikit hint of sweet scent tapi samar banget dan masih nyaman di penciuman. Daya tahan dari lippaint Sulamit bisa dibilang cukup oke, aku sempet coba makan agak yang cukup oily dengan lippaint ini, memudar karena pigmentnya sendiri masih transfer tapi ga full hilang. Oh iya, karena lippaint ini matte, jadi aku sarankan untuk menggunakan lip balm dan scrubbing sel kulit mati di permukaan bibir sebelum menggunakan ya.


STAY AMAZING 22


Stay amazing adalah shade mauve rose dengan sedikit finish metallic. Aku suka banget sama shade ini, bener-bener pas di skintone aku..bikin fresh keseluruhan complexion. Formula dari stay amazing ini jauh lebih nyaman, lightweight dan lebih cover dari stay bright. Sekali pulas bisa hampir menutup seluruh permukaan bibir aku. Konsistensinya juga pas, semi creamy liquid dengan pigmentasi dan coverage yang medium. Bisa di build to full coverage. 

Untuk scentnya masih sama yaitu sweet scent yang samar tapi tetap nyaman di hidung. Stay amazing lebih hydrating di bibir aku untuk pemakaian jangka panjang. Mengenai daya tahannya, shade stay amazing masih transfer saat digunakan makan atau minum sehingga intensitasnya memudar, tapi aku ga masalah sama sekali karena aku ga gitu suka hasil yang bener-bener transferproof tapi menyiksa bibir.


SULAMIT 
SMART STAY VELVET LIP LAST 
IDR 80.000 for 3,5 g

 “Daily lipstick with lightweight formula and prevent your lips from dryness. Those 12 shades of color will  lighten up your mood instantly!”


Di post Review Sulamit sebelumnya, aku pernah bahas tentang moist lipsticknya dan ternyata ada versi terbarunya yaitu Stay Velvet lip last. Packaging stay velvet ini memiliki nuansa biru pastel metalik, cantik banget dengan design packaging yang minimalis!


Informasi ingredients dan produksi ada di segel plastik seperti smart stay lippaint. 




pada bagian bawah ada nama dan angka penomoran shade, warna labelnya disesuaikan dengan warna shadenya.

STAY SOULFULL 14




Shade stay soulfull ini merupakan warna pure orange ketika di aplikasikan ke skintone aku. Warna seperti ini bagus kalau dipadukan dengan full eye makeup dan complexion. Tekstur lipsticknya sangat moist dan buttery banget. Pigmentasi dan coveragenya tergolong masih light. Tapi sepertinya memang Sulamit ini produk yang segmentasinya untuk daily makeup yang tetap lightweight saat digunakan.

Karena tekstur lipsticknya sangat hydrating, jadi produk ini memiliki finish yang lebih ke arah satin finish dan masih transfer saat digunakan. Untuk penggunaan jangka panjang, lipstick ini masih cukup nyaman dan melembabkan saat digunakan. 

STAY CHARMING 13



Stay charming adalah shade rosy nude yang menurutku akan bagus kalau dipadukan dengan smokey eyes. Shade ini agak lebih soft ketika diaplikasikan ke bibir daripada di bulletnya. Formulanya masih sama dengan stay soulfull, buttery dan hydrating. Lipstick ini memang bukan tipikal lipstick yang pigmentasinya langsung pop out, tipe lipstick sulamit velvet ini memang sepertinya dibuat untuk para wanita yang ingin makeup tapi tetep keliatan soft untuk sehari-hari.

SULAMIT 
SMART STAY POWDER 
IDR 120.000 for 13 gr

“Sulamit Smart Stay Powder with foundation inside that will effectively balancing the skin tone. Get ready to look perfect everyday!Light to medium coverage.”
  



Pas liat packaging Sulamit powder ini, aku ga habis-habisnya kagum! Bukan pereuz ya aslik haha tapi karena aku liat sendiri transformasinya dari packaging yang dulu ke yang sekarang. Packaging smart stay powder ini kece banget, warnanya putih dan designnya sangat kekinian. Karena aku pecinta design minimalis yang modern, jadi aku acungin jempol buat packaging Sulamit yang sekarang. KAGUM BEB!


Packaging smart stay powder ini ada di dalam pan pressed powder kotak dengan size yang handy di tangan. Di bagian dalamnya ada kaca dan bisa di rotate sampe 180 derajat. Smart stay powder ini ga dilengkapi dengan sponge, tapi karena aku memang pengguna brush untuk pengaplikasian powder, jadi buat aku ga masalah.



Produk smart stay powder ini memiliki partikel powder yang cukup halus. Untuk wajahku yang lagi banyak acne scars, dengan menggunakan sponge bisa memberikan hasil medium coverage dan cukup buildable. Kalau untuk hasil yang lebih natural bisa menggunakan brush dengan finish yang lebih light. Hasil akhir dari Sulamit smart stay powder adalah matte. Aku rasa para tipe kulit berminyak bakal suka banget sama smart stay powder ini karena cukup mattifying area wajah yang mengkilap saat digunakan untuk touch up.

Untuk shade yang aku gunakan adalah 01, sangat pas dengan warna kulit light to medium aku yang yellow undertone. Bagaimana dengan daya tahannya? Aku kemarin gunakan smart stay powder ini untuk naik go jek siang bolong seharian, produknya mulai memudar setelah 4 jam, itupun karena sudah keringetan. Tapi surprisingly, ga terlalu banyak transfer ke tissue saat aku coba tap.


TWINKLE TWIN
FAUX EYELASHES 02
50.000 for 3 pairs



Pas liat harganya cuman 50ribu dan dapet 3 pasang, wow ini good deals banget loh! Haha tipe bulumata 02 ini adalah bulumata yang cocok buat nambahin volume di mata kamu tapi panjangnya ga berlebihan sampe menutupi kelopak. Kalau pengen pake ini buat daily pun ga keliatan pake bulumata, jadi bisa foto “I woke up like this” gitu :P




Tulang dari eyelash ini juga cukup lentur untuk digunakan di mata hooded aku. Kadang ada beberapa lashes yang tulangnya agak susah ngikutin bentuk mata. Kalau ini syukur Alhamdulillah gak sama sekali. Aku rekomen ini buat temen-temen yang pengen nambah volume bulu mata tapi ga keliatan berlebihan. Oh iya ada 8 tipe bulumata dari Sulamit yang punya model berbeda-beda dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Dari seluruh produk Sulamit yang aku coba, aku bisa simpulkan bahwa Sulamit memang disegmentasikan buat temen-temen yang pengen bermakeup atau baru belajar makeup tapi pengen hasil yang lebih light dan soft. Beberapa produk ini juga cocok buat digunakan sehari-hari karena cukup nyaman dan natural hasilnya. Selamat mencoba! :D

Instagram: @sulamitcosmetics


1 komentar

  1. Wuiiih banyak yang aku baru tau!
    - Baru tau kalo branding Sulamit jadi makin modern ya.
    - Baru tau kalo Sulamit udah ada di Sociolla
    - Baru tau kalo ada fake eyelashes nya

    BalasHapus