[TIPS] 10 KEBIASAAN KECIL UNTUK MENGHINDARI JERAWAT

8 Mar 2017


Dulu nih dulu, setiap kali jerawatan pasti yang disalahin skincare atau makeup. Sampe pada suatu saat, aku pergi ke dokter dan bahas jerawat di dahi aku yang ga ilang-ilang.. akhirnya aku pun disadarin dengan beberapa fakta yang sebenernya berdampak pada kesehatan wajah terutama datangnya jerawat. Beberapa sih, sisanya memang pengalaman hidup hahaha

Nah postingan kali ini aku mau bahas kebiasaan kecil yang kadang kita suka lupain. Yes, kebiiasaaaan ya sis..post kali ini off dulu dari tips skincare dan makeup haha karena kalau jerawatan trus disuruh "bersihin muka sebelum tidur dari makeup" atau "jangan gonta ganti skincare" udah lazim banget. Padahal hal itu sifatnya personal setiap orangnya.


1. TIDUR CUKUP
Klasik ga denger ini? ini yang aku alamin pas dulu skripsi, muka kusem dan suka timbul jerawat padahal belom waktunya menstruasi (aku anaknya jarang jerawatan) sampe sekarang pun, kalau lagi susah tidur malem-malem. Aku pasti banget nongol jerawat ga berapa lama kemudian.

Kalau kata female daily nih, kutipannya : 
"Meningkatnya kadar minyak di kulit dipicu oleh hormon glukokortikoid, dimana penyebab utamanya adalah tingkat stress yang tinggi dan tidur kurang berkualitas. Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa membantu memperbaiki kondisi kulit"

2. JAUHI MAKANAN BERMINYAK
karena bisa membuat kulit memproduksi minyak berlebih dan menyebabkan timbulnya jerawat

3. WAKTU KERAMAS
Kalau rambut udah lepek, jangan dibiarin diuwel2 pake jedai sis.. itu juga bisa jadi penyebab nongolnya jerawat. Karena biasanya minyak yang ada di rambut jadi sarang menempelnya bakteri dan kuman..trus rambut nempel di pipi, dahi dan dagu? bisa bayangkan? haha

Waktu keramas kita juga sangat berpengaruh, dulu aku sering keramas sambil udahannya pas rambut masih basah dibawa bobo. Entah karena lembab atau gimana, daerah pipi dan aku yang kena rambut suka beruntusan. Sejak saat itu, aku mulai ganti waktu keramas jadi pagi/ siang. Beruntusan aku juga makin hilang makin kesini.

4. MENGGANTI SEPRAI, SARUNG BANTAL & SARUNG GULING SECARA BERKALA
Selain baukkk, makin lama ga diganti, makin banyak kotoran yang nempel..sedangkan kita setiap malem melukin bantal, guling dan tidur di atas seprai. Mau transfer seberapa banyak hayo kotoran dan bakteri itu ke kulit kita? 

5. MENCUCI TOOLS MAKEUP SECARA BERKALA 
ini udah pasti semua orang tau, tapi seringkali nemu juga yang udah tau cuman ga dijalanin haha Sponge atau Brush makeup yang sudah digunakan berkali-kali (terutama untuk liquid product) lebih cepat menangkap kotoran dan bakteri. Jangan lupa cuci secara berkala supaya alat makeupmu ga jadi sarang bakteri dan pindah ke wajah kamu saat digunakan.

6. PRODUK RAMBUT DAN CAT RAMBUT?
ada yang suka beruntusan di daerah dahi? nah itu bisa jadi karena penggunaan produk rambut atau cat rambut yang kurang cocok. Aku sendiri masih mencari produk rambut yang juga aman untuk kulit wajah aku, pernah cobain shampoo dari Erha tapi kusutnya mana tahan. Kalau sekiranya memang hal tersebut pemicunya karena ganti shampoo/ condi/ habis cat rambut? berarti penyebabnya sudah jelas karena pergantian produk atau alergi chemical di hair coloringnya.

7. MINUM AIR
dulu aku kurang rutin minum air putih, hasilnya? muka kusem, beruntusan dan jarang ke belakang. Belakangan aku sadar, pas udah rutin minum air 2 liter minimal sehari, terus durasi ke toilet pun lancar.. hal itu ternyata membantu ngeluarin zat "racun" yang ada di badan (yang secara ga langsung juga berefek ke kulit). Selain itu minum air juga ngebantu melembabkan kulit kita dari dalam. 

8. MAKAN SAYURAN & BUAH
ini ga usah dijelasin ya? haha karena banyak sayuran dan buah yang punya banyak hal baik dan alami buat badan plus kulit kita. 

9. KENALI SIKLUS MENSTRUASI
Udah dilakuin nih kak semuanya? lah kok masih jerawatan? coba di cek siklus menstruasinya, jerawat itu ada juga yang datangnya karena hormonal. Salah satunya karena hormon pra menstruasi atau kehamilan.

10. JANGAN STRESS MIKIRIN JERAWAT
KAAAK, AKU UDAH DILAKUIN MASIH AJA JERAWATAN??? ini nih yang aku alamin dulu, tiap jerawatan trus dipikirin mulu..sedih liat kaca dan stress haha tanpa sadar ya semakin stress dipikirin jerawat kita makin banyak. Karena apa ? balik ke nomer satu :P 



Sekian dulu yaak tips kali ini, 
semangat memerangi jeriwi ya siss~




xoxo
Iva Asih




8 komentar

  1. Ih setuju Iva aku penyebab utama jerawat itu kurang tidur. Tiap tidur sebelum jam 12 pasti jadi better ini kulitku huhu. Syaangnya susah utk ga begadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun! haha paling susah menjaga siklus tidur yang teratur..kadang ngerjain apa2 malah moodnya lewat jam 9 :(

      Hapus
  2. Setuju bangeeeeeeeeet! Yang paling susah dijaga itu nomer 1, 2, 7 dan 8 xD

    fridaadp.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari dihadapi tantangan nomer 1,2,7,8 yok! haha

      Hapus
  3. Jerawat semakin diperhatiin semakin ngeledek ya Kak hehe.
    Yang paling susah menurut ku itu nomor 10 :D

    www.zeillamudev.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. eimmm, haha merasa diperhatikan kemudian makin subur T.T

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dipegang buat diobatin ya gapapa dong lol..ya megangnya sesuai kebutuhan aja :)))) jgn megang untuk dikotak katik karena gatel atau gemes.

      Hapus