[TIPS] EYE-MAKEUP UNTUK JENIS MATA HOODED

3 Mar 2017

Kebanyakan dari Orang Indonesia punya jenis mata Hooded (termasuk saya). Hooded itu jenis mata yang sebenarnya ada kelopak dan lipatannya. Tapi lipatannya ga terlalu besar dan seringkali keliatannya jadi kaya bengkak padahal enggak. Beda dengan Monolid yang memang ga ada lipatannya.

Jenis mata hooded ini sebenernya ga terlalu susah buat dimakeup-in, tapi emang agak tricky. Karena kalau salah dikit bisa bikin mata kelihatan lebih kecil dan bengkak. Nah kali ini aku mau sharing cara makeup untuk jenis mata Hooded. Semoga bisa bermanfaat ya :D




1. WARNA TRANSISI PADA AREA YANG TEPAT

Seringkali karena mata hooded itu kelopaknya sempit, jadi eyeshadow yang digunakan ga gitu keliatan. Makanya wajib banget pake transition color. Supaya matanya juga jadi keliatan lebih besar. Cara menggunakan transition color harus dalam keadaan mata yang terbuka, jangan sambil merem. Jadi warna transition itu harus ada di atas kelopak mata saat terbuka. Jelasnya bisa lihat di bawah.




Di atas aku lagi eksperimen dengan warna yang bright. Kalau kamu mau makeup untuk daily, go for medium brown. Itu udah paling bagus buat bikin mata lebih besar dan netral dipasangin sama baju apapun :D Oh iya usahakan warna transisinya punya finishing matte ya!


2. GUNAKAN BULU MATA YANG TIDAK TERLALU RAPAT BULUNYA/ TEBAL


Setelah makin kesini, aku makin paham kalau bulu mata yang rapet rapet dan cetar kaya syahrini gitu malah bikin mata aku makin kecil dan berasa item semua hahahaha. Jadi aku prefer dengan bulu mata yang modelnya wispies atau memang yang Natural seperti bulu mata asli. Selain ga bikin mata aku keliatan "item semua", eyeshadownya pun masih tetep nampang dengan cantik. 

Contoh bulu mata yang cocok untuk Hooded eyes : 



3. EARTH TONE IS OUR BESTFRIEND FOR DAILY MAKEUP

Contoh penggunaan eyeshadow neutral tanpa softlense


Karena pupil orang Indonesia kebanyakan hitam dan aku bukan pengguna softlense buat daily yang bikin riasan mata aku pop up. Aku prefer menggunakan eyeshadow yang warnanya neutral atau earth tone buat daily makeup. Smokey eyes bagus juga sih buat hooded, tapi kalau ga pake softlense keliatannya malah jadi sempit area matanya


Terus kalau eyeshadow warna warni kaya di foto paling atas gimana? gapapa banget malah, tapi yakin ga keramean dipake buat daily makeup? heheu~ pilihannya ada di kamu kok.

4. EYELASHES CURLER & MASCARA

Kalau buat daily makeup pasti males banget kan pake bulumata? nah aku sendiri lebih prefer menggunakan mascara. Jangan lupa jepit dulu ya bulu matanya, itu ngebantu banget bikin mata terlihat lebih kebuka dan jadi lebih besar.


5. JANGAN LUPA EYE PRIMER

karena mata hooded itu lipetannya agak dalem, jadi wajib buat aku pake eye primer. Seringkali kalau ga pake eye primer dan udah siangan..eyeshadownya jadi masuk ke garis kelopak matanya. Nah kalau pake eye primer lumayan deh ngebantu dia tetep stay :) Aku suka dengan eye primer yang warnanya lebih mirip ke skintone aku, kaya urban decay eden atau MAC soft ochre karena lumayan bisa brightening juga.

PS: karena post untuk eyeliner kayanya bakal kepanjangan ditulis disini, mohon bersabar yaa nanti di pisah di post selanjutnya. Insyallah berikut tutorialnya :)


Sekian sesi sharing dan tips kali ini, mudah2an bisa bermanfaat yaa :) 

kalau ada yang mau nambahin. Monggo ditulis di komen
xoxo




Iva Asih

8 komentar

  1. Waaaaaah oke banget mah tipsnya, Va! Aku kadang bingung dandanin temen yang matanya hooded soalnya mataku gak kayak gitu. Mata normal yang lipetannya keliatan jelas *bangga dikit* LOL

    nah sama penggunaan eyeliner, va. Tricky juga loh makein yang buat mata hooded/monolid ._.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mau bikin yg eyeliner for hooded eyes, belum aku masukkin karena kepikiran mau dibikin di post terpisah sama tutorialnya wkwk eh hooded sm monolid beda loh.

      Hapus
    2. Iyaaa, udah tak baca yang hooded sama monolid di post mu Va :D monolid itu yang biasanya mata orang2 korea/cina/jepang itu kan ya?

      Hapus
  2. Aku kebaiasaannya aplikasi eyeliner yang tebel gitu karena kalau tipis doang nggak kayak keliatan pake xD

    But the point of curling the eyelashes is a must! Thank you for sharing Kaaak~

    BalasHapus
  3. Kayak ada satuuu yang kurang, nah ternyata itu primer. pas mau berangkat perasaan esedo cetar2 aja lah pas uda nyampe ilang gatau kemana itu esedo hihi

    BalasHapus
  4. Waah, tipsnya bagus, tipe mataku juga hooded eyes. Kalau mau pakai eyeshadow agak bingung gimana biar keliatan eyeshadownya, benr-bener tricky:(

    hollabeautievers14.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Ivaaaaaah.. suka sekali dengan eyemakeup mu yang warna-warni.. udah lama nggak liat iva pakai warna-warni..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  6. AHAHAHAHA BENER SEMUAA. Aku juga punya mata hooded dan baru tau 6 bulan terakhir untuk dandaninnya. Aku suka banget dandanin mata dengan earth tone atau smokey. XD


    www.vinasaysbeauty.com

    BalasHapus