27 Sep 2016

[TIPS] Memilih dan memberi Arahan Makeup Artist untuk hari spesialmu







Hai semuanya, kayanya lagi musim menjelang kawin ga sih? eh salah nikah! wkwkw.. sebagai perempuan, pastinya kita pengen dong tampil cetar pas nikahan kita nanti. Salah satu penunjang kecetaran pas hari H adalah makeup. Ga jarang loh temen temen yang galau milih MUA pas nikah, termasuk aku.. dulu aku pake paketan dari Sanggar, tapi aku bisa milih langsung mau makeup sama siapa. Alhasil aku datengin satu satu MUAnya untuk liat langsung makeupnya kaya apa sampe ada yang cocok di hati.

Nah di post kali ini, aku mau share tips milih MUA yang sesuai dengan diri kita, disini aku coba jabarin dari dua sisi sebagai klien dan juga MUA. Jadi aku berusaha di tengah-tengah yaa :) Ini bukan hanya berlaku untuk kita nikah aja sih, tapi bisa juga untuk segala occasion dimana kamu membutuhkan Makeup Artist.

Tips memilih MUA :

1. Buka portofolionya

ini wajib! bisa dibilang ya seleksi awal untuk memastikan agar tidak kecewa dengan hasil akhir. Pertimbangan aku memilih make up artist dikarenakan style makeupnya yang mirip makeup & selera aku. Kalau kamu penggemar alis menukik tipis, jangan pilih MUA yang punya style alis bold kekinian. Buat aku ga ada MUA yang jelek hasil karyanya, yang ada hanyalah cocok atau gak dengan selera kita. 

Portofolio seorang MUA bisa dilihat dari instagramnya langsung, atau kalau ga ada instagram bisa langsung Contact untuk dikirimkan via email :)



2. Berikan arahan yang jelas

kasih foto referensi akan lebih baik, jangan memberikan arahan yang abstrak, contoh : aku maunya Natural, ga medok bin menor. Tau-tau ga puas dan malah touch up langsung di depan MUAnya dan bikin smokey eyes warna gelep. Arahan ini bukan hanya mempermudah MUA, tapi juga supaya kita punya pemahaman yang sama dengan MUA.

Arahan yang diberikan juga mesti realistis ya gaes.. Jangan pas nikahan pengennya manglingin kaya Anne Hathway..halu namanya itu haha. Lah idung sama mukenye aja udah beda. Demanding itu perlu, tapi tetep mesti realistis :)




3. TRUST!

ini yang paling penting, percayalah dan pasrah muka mau diapain aja setelah memberikan arahan. Cari juga info sebanyak-banyaknya tentang produk yang dipake, kalau memang produknya kurang sreg..gapapa kok kita bawa sendiri aja tapi ya minta dipakein karena kita nyewa MUA kan butuh tangannya. Jangan malah pake base sendiri sebelumnya, trus giliran foundationnya cakey dan agak pecah malah nanyanya ke MUAnya kenapa bisa begini (padahal pake sendiri).  Preparation sebelum foundation, eyeshadow dll itu kan ada loh.. percayalah MUA yang kita pilih sudah lebih experience di per makeupan, pasti dia lebih ngerti :) Bangunlah kepercayaan dari awal pertemuan supaya hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Kalau dilihat dari foto di atas, aku berusaha super pasrah mau diapain aja. Pasang headset supaya bisa tenang selama makeup dan sugesti diri hasilnya pasti bagus..Alhamdulillah aku puas dengan makeup MUAku ^^






4. Ada yang belum pas? Revisi dan beri masukan langsung
Ada kalanya pastii.. ada hal yang yang kurang sreg di hati, misal alisnya kurang nih atau blush nya kurang tebel dikit. Kalau aku prefer bilang langsung, supaya MUA kita jg langsung dapet feedback dan kita puas *jelas kita sebagai klien mesti puas kok, kan kita bayar* hehe. Tapiii.. ngomongnya baik baik dan menghargai dia juga sebagai yang lebih experience. Misalnya : "mba maaf ya alisnya boleh ditipisin dikiiit aja, biar makin cucok" , jangan ujug2 " aku ga suka nih alisnya, aku ga suka nih eyeshadownya.." ini berlaku juga untuk orang yang bekerja di bidang kreatif, dari jaman dulu setiap aku minta tolong revisi sama temen temen design, aku selalu berusaha berkomunikasi dua arah. Pahamilah bahwa mereka juga memberikan effort, waktu dan tenaga sepenuhnya untuk menghasilkan suatu karya.





Semoga bermanfaat,
xoxo



Iva Asih

6 komentar:

  1. 😉😉😉 Thumbs Up tips nyaaa Va'...
    Btw km manglingi makeUp kawinanya, Upz nikahanya, cantiik. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Methaaa :D alhamdulillahhh hehe

      Hapus
  2. Dulu aku married juga kurang suka sama alisnya. Aku bilang alisnya bolrh ditebelin dikit gak, mukaku kurang cocok kalo alisnya runcing. Eh periasnya malah bilang, bagus kok hahaha. Padahal gak suka lancip tipis. Akhirnya touch up sendiri 😰😰

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu makanya gunanya liat portofolionya dulu luc hehe.. aku pertama yang diliat kalau liat porto MUA itu alisnya,kalau suka lanjut. Kalau gak suka alisnya mending cari lagi haha karena alis adalah kunciii :P daripada pas udah Hari H trus jadi ngeyel2an kan pst bete hehe

      Hapus
  3. Ah jadi inget waktu diresepsi sodara ada sesi lempar bunga dan aku dapat bunganya padahal umur belum ada 20 xD thx u for share kak :D

    isthiud.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :D semoga cepet nyusulll hihi eh apa udah nyusul ?:D

      Hapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design