Tahun 2021 ini aku banyaaak banget explore skincare lokal dan salah satu brand favorit aku dari lokal adalah BHUMI. Produk BHUMI ini skincare lokal yang kerasa banget ingredientsnya premium saat digunakan dan efeknya cukup kelihatan di kulit aku. Pas cobain BHUMI tuh kayak “kemana aja ya baru cobain?” haha karena memang sebagus itu dan ada harga ada kualitas ya hihi.

 

Dan ternyata di akhir oktober lalu, BHUMI bikin rangkaian produk skincare dengan alternatif harga yang lebih affordable (under 150K). Konsep Beneath ini terinspirasi dari dessert yang memiliki super food ingredients. Yang bikin aku terkesan juga, produk-produk ini konsepnya fun, warna warni dan produknya unik-unik. Yuk kenalan langsung dengan 6 produknya!

Siapa yang punya kulit kering seperti aku? Kadang suka tricky ya saat kita berjerawat dan pake skincare yang fokusnya untuk mengatasi jerawat tapi malah bikin kulit semakin kering. Jujur aja sejak pandemi ini, jerawat cukup sering silaturahmi ke wajah aku, apalagi kalau pake masker dalam waktu yang lama atau kurang cocok dengan material maskernya. Kebetulan beberapa minggu ini aku lagi cobain produk skincare yang fokusnya untuk acne care tapi diformulasikan dengan Vitamin E juga, jadi di kulit tetap terasa melembapkan, soothing tapi tetap efektif untuk mengatasi permasalahan jerawat. 

 


Produk yang aku coba adalah skincare korea Commonlabs Vitamin E. Commonlabs adalah produk skicare korea yang fokus pada vitamin untuk memperkuat kulit. Ingredient acne treatment yang digunakan di line Vitamin E ini adalah tea tree, salah satu kandungan skincare andalanku untuk mengatasi jerawat dan juga berfungsi sebagai skin disinfection. Ada beberapa produk yang aku coba dari seri Vitamin E Commonlabs, yuk kita bahas satu per satu. 

Selain hand sanitizer, tissue pembersih higienis adalah produk yang ga pernah lupa aku bawa di saat pandemi ini. Biasanya aku gunakan untuk membersihkan permukaan benda seperti case gadget, tas, pegangan troli, atau benda-benda yang aku bawa keluar rumah. Tissue pembersih higienis dengan alkohol yang dijual di pasaran cukup banyak, tapi sesuai dengan saran WHO..tissue pembersih yang cukup efektif untuk membersihkan bakteri, kuman dan virus harus memiliki 70% Alcohol. Salah satu tissue alkohol yang sudah memenuhi standar WHO dan KEMENKES serta mudah diakses di alfa midi ataupun marketplace adalah Cleanzer Hygienic Wipes. 


Salah satu varian Avoskin Your Skin Bae yang aku tunggu-tunggu produknya launching adalah varian Vitamin C + Niacinamide ini. Selain karena brightening products Avoskin Your skin bae ini selalu bekerja efektif di kulit aku, aku suka dengan combo kandungan dari produk ini.


LOH KAK, aku sempet denger vitamin c ga bisa digabung sama niacinamide? 


kalau yang dimaksud adalah penggunaan produk secara layering, yang harus dipastikan adalah kedua produk memang sudah OK dan cocok dengan kondisi kulit kita jadi tidak terjadi efek negatif di kulit. Inget, selalu start pelan-pelan yes! Tapi jika kedua ingredients ini ada di dalam satu produk, tentunya secara formulasi dan konsentrasinya sudah di adjust untuk digunakan bersamaan. Dan jenis Vitamin C yang digunakan di YSB ini adalah 3-O-Ethyl Ascorbic Acid yang formulanya cukup stabil dan lebih friendly untuk sensitive skin. Secara formulasi dan manfaat, Niacinamide justru bisa soothing & menekan efek drying yang merupakan side effect dari Vitamin C, menjaga skin barrier kita dan sebagai skin brightening. Jadi keduanya bekerja saling melengkapi. 



Manfaat menggunakan Vitamin C di pagi hari sebelum sunscreen?

Sebelum aku masuk ke review, aku mau cerita dulu nih kenapa produk Vitamin C ini cocok digunakan di pagi hari (walaupun bisa digunakan di malam hari juga). Vitamin C adalah antioksidan yang dapat memprotect kulit dari radikal bebas dan damage sinar UV A dan UV B di siang hari. Jika digunakan bersamaan dengan sunscreen, maka vitamin c dapat bekerja secara sinergi untuk melindungi kulit secara optimal. 

Jenis Vitamin C yang terdapat pada produk Avoskin YSB ini adalah 3-O-Ethyl Ascorbic Acid. Berbeda dengan jenis ethyl ascorbic acid yang terdapat pada PHTE. 3-O-Ethyl Ascorbic Acid ini lebih stabil dan lebih optimal mencerahkan serta sebagai collagen booster. Konsentrasinya pun termasuk cukup rendah jadi bisa lebih nyaman digunakan oleh temen-temen yang punya kulit sensitif.

Nah sekarang aku akan review Tonernya dulu ya, menurutku ini sangat friendly buat temen-temen yang baru mulai skincare-an dan explore active ingredients terutama Vitamin C.


AVOSKIN YOUR SKIN BAE
Vitamin C 2% + Niacinamide 2% + Carrot Extract Raspberry Toner
IDR I59.000
available : avoskin official seller

 

Sejak pandemi ini kebiasaan makeup aku setiap keluar rumah jadi berubah. Kalau dulu makeup full face, sekarang jujur aja kadang bare face dengan sunscreen only atau makeup hanya di bagian yang gak ketutup masker. Alasannya karena ternyata kulit aku ga kuat pake masker lama-lama plus ditambah makeup. Area dagu pipi ke bawah ini adalah area yang susah banget bebas dari jerawat sejak maskeran atau bahasa kekiniannya sih MASKNE (mask acne) ya~

Tapi kadang kangen makeupan kaya happy dan mood auto bagus. Dan tentu aja blog ini pun dimulai karena aku suka banget sama makeup, jauh sebelum aku menyelami skincare. Di tahun ini mulai banyak produk hybrid kombinasi makeup dan skincare. Seneng gak? YHA SENENG LAH! gila sih ini bagaikan jawaban dari orang yag suka makeup tapi ga mau nyiksa wajah under masker selama pandemi ini. 

Menurutku ini inovasi produk yang relate banget dengan keadaan sekarang. Dan di post ini aku mau bahas 3 produk dari brand lokal yang mengeluarkan makeup dengan kandungan skincare.



Rotasi per-serum-an aku ga jauh-jauh dari kombinasi hydrating + brightening dan anti aging. Kalau biasanya untuk produk brightening yang aku gunakan mengandung alpha arbutin atau niacinamide saja dalam satu produk. Kali ini aku mau bahas brightening serum dengan alpha arbutin, niacinamide dan tranexamic acid sekaligus dalam satu produk. Menarik banget kan? trio ingredients favorit untuk mencerahkan gimana ya kalau dijadiin satu? 

AZLOE
BRIGHTENING DEW SERUM

IDR 143.000/ 13 ML
BPOM : NA18211900064