[REVIEW FOUNDATION] LANEIGE NEO FOUNDATION : FOUNDATION RINGAN AWET 48 JAM?

23 Feb 2022

Pertimbangan aku beli foundation sudah pasti harus bisa dipakai untuk segala kebutuhan, ringan saat digunakan dan punya coverage yang oke tapi bisa ngeblend dengan seamless. Nah untuk kebutuhan aku ini, beberapa complexion brand korea masih lebih unggul karena ringan tapi tetap cover imperfection di wajah dan bisa terblend dengan baik di kulit kering aku tanpa terlihat dempul. 

Temen-temen pasti tau kan Laneige punya salah satu cushion yang cukup best seller yaitu NEO cushion? sekarang Laneige Indonesia juga sudah launching versi foundationnya. Laneige NEO Foundation adalah long wearing foundation yang bisa awet hingga 48 jam, bisa digunakan dalam segala occasion dan hadir dengan 2 finish yaitu matte dan glow. Menarik ya! Yuk kita bahas apa perbedaan kedua jenis NEO foundation ini di kulit normal to dry aku. Dan apakah bisa masuk dengan kebutuhan aku? 

PACKAGING MAGNETIC CLOSURE




yang pertama kali bikin aku naksir pas liat foundation ini adalah packagingnya. GEMAS SEKALIIII! warna pastel dengan design yang simple. Mint green untuk matte version dan pink pastel untuk yang glow version. Botolnya agak bulky tapi yang bikin istimewa adalah tutupnya ini magnetic closure, jadi dia ada magnetnya yang memastikan botol tertutup dengan baik. Lalu bagian tutupnya ini bisa dijadikan untuk menaruh foundationnya atau untuk menaruh aplikator brush & sponge. 


Oh iya kalau temen-temen ada yang juga pakai NEO Cushionnya, warna packagingnya ini masih satu nuansa dengan series cushionnya juga. Dan ini di bagian bawahnya cukup detail juga kok informasinya. Bentuknya print di botol bukan sticker, ada informasi shade dan expired datenya.


Pilihan shade dari NEO Cushion sudah available dalam 5 shades di Indonesia yaitu 13N1, 17N1, 21N1, 23N1 dan 25N1. Dan 5 shades lainnya akan segera hadir juga di Indonesia, jadi total ada 10 shades. Yang kali ini aku coba adalah 21N1 untuk glow version dan 23N1 untu matte version. Keduanya Neutral undertone hanya perbedaannya di tingkat terang dan gelapnya. 

URBAN-PROOF FOUNDATION 

Menurutku ada yang membuat foundation ini menarik adalah klaim urban proofnya yang bisa melindungi kulit dari faktor eksternal seperti polusi & UV. Ada salah satu ingredient yang sudah dipatenkan oleh Amore pacific di dalam foundation ini yaitu Electro filter. Electro filter ini bisa melindungi kulit dari blue light, polusi dan juga faktor eksternal yang mengakibatkan dampak negatif di kulit jika terpapar secara terus menerus. Ada kandungan panthenol juga yang bisa menenangkan kulit. 


MATTE- NEO FOUNDATION 


Claim : Medium to full coverage, semi matte finish, sweat resistant



NEO matte foundation ini adalah salah satu foundation dengan semi matte finish yang cukup bersahabat di tekstur kulit kering aku. Coveragenya sendiri medium to full coverage yang bisa banget di build tanpa terlihat cakey. Terlihat di beberapa area warna kulit aku yang kurang rata bisa tercover maksimal. Aku suka feelnya di kulit aku karena ga bikin kulit berasa ketarik karena matte, nyaman dan cukup seamless. Kalau aku perhatikan, foundation NEO matte ini juga memberikan efek blurring di wajah yang bikin tekstur kelihatan lebih smooth. 

Untuk NEO matte foundation aku menggunakan shade 23N1 dan menurutku cukup pas sih. Oh iya! di foundation ini juga sudah mengandung SPF 16 PA+++ jadi sudah ada proteksi untuk UV A dan UV B, tapi jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen sebelum makeup ya untuk proteksi yang lebih maksimal. 

Pengaplikasian di atas, aku menggunakan beauty sponge yang lembap. Tekstur foundation ini menurutku juga cukup nyaman diblend menggunakan brush karena tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair juga, jadi teksturnya ada ditengah-tengah. Tapi karena produk ini punya finish semi matte, aku sarankan untuk prepare kulit cukup lembap ya bagi temen-temen yang juga punya kulit kering sepertiku untuk menghindari patchy di area dry patches.



Ini hasil setelah 6 jam aku menggunakan NEO matte foundation dan aku set menggunakan loose powder tanpa touch up selama pemakaian. Kesan aku paling utama adalah foundation ini ringan banget di kulitku. Setelah 6 jam area t-zone jadi lebih berminyak tapi jika di tap dengan tissue menurutku baik-baik saja dan tidak oksidasi menjadi lebih gelap. Area yang tertutup masker, coveragenya jadi lebih berkurang dan wajar menurutku. 

Foundation ini masih transfer, tapi aku sendiri ga masalah dengan hal ini. Justru aku kurang terlalu nyaman dengan foundation yang super matte dan sangat transferproof, karena rasanya kulit aku kurang bernafas. Tapi so far foundation ini masih terlihat bagus di kulit aku setelah seharian beraktivitas. Malah jadi lebih ngeblend sempurna dengan kulit aku dan blush di atasnya masih ok. 


GLOW- NEO FOUNDATION 


 

Claim : Medium to full coverage, satin, all day non oxidizing



Kalau temen-temen suka tampilan healthy glow complexion yang ga terlalu becek dan masih banget bisa dipakai oleh oily skin cobain ini deh! NEO foundation laneige ini punya finish natural glow dengan coverage yang medium. Menurutku ini coveragenya agak sedikit banget di bawah yang matte tapi jadinya terlihat seperti second skin dan ga dempul sama sekali. LUV banget! Oh iya disini aku pake shade yang 21N1, agak keterangan pada awalnya tapi lama kelamaan jadi lebih ngeblend di kulit. 

 

Untuk teksturnya sendiri, hampir sama dengan tekstur matte neo foundation. Pengaplikasiannya aku lebih suka menggunakan sponge lembap karena lebih memberikan tampilan glow dan seamless. Aku pakai satu layer dan layering di area spot yang membutuhkan extra coverage saja. 


 

Sejujurnya aku masih ga biasa pake foundation atau cushion tanpa diset, jadi walaupun memang merubah finishnya jadi lebih matte tapi aku merasa ini lebih mask friendly. Yang aku rasakan perbedaannya dengan matte neo foundation adalah glow version punya feel yang lebih hydrating dan ga rawan patchy di area kulit yang kering. Selama pemakaian 6 jam pun menurut aku ga bikin semakin greasy di kulit. Aman banget dan ga oksidasi. 

 

Dan walaupun klaimnya NEO Foundation long wearing sampai 48 jam, tapi untuk pemakaian harian aku hanya pakai makeup selama kurang lebih 6 jam. Jadi menurutku untuk daya tahannya cukup banget. Bisa dilihat dari blush yang masih ada dan intensitasnya ga terlalu memudar. Kalaupun ada yang sedikit memudar di sekitar hidung, menurutku pun masih sangat wajar. 

 

Jadi temen-temen lebih suka yang mana nih kira-kira, glow atau matte version? Foundation ini bisa temen-temen dapetin di official shopee Laneige dan store offline Laneige.

 

For more info 

 

Instagram Laneige : https://www.instagram.com/laneigeid/

Shopee Laneige : https://shopee.co.id/laneigeofficialshop

1 komentar