22 Jul 2019

7 TIPS UNTUK MEMULAI BLOG KECANTIKAN

Saat ini, banyak orang yang semakin tertarik menjadi beauty blogger dan mencari cara membuat blog untuk memulainya. Meningkatnya popularitas konten kecantikan di Indonesia menjadi salah satu faktornya. Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari internet dengan memonetisasi konten beauty pun semakin menjanjikan.

Bukan hal yang baru jika saat ini internet tidak hanya menjadi sumber informasi, namun juga dimanfaatkan sumber penghasilan. Beralihnya masyarakat dari media konvensional ke media digital membuat informasi di dalamnya memiliki nilai yang lebih tinggi. 

Saat ini, influence dari blogger pun tidak hanya berada pada kekuatan blognya, namun juga personal branding di media sosial. Beauty blogger tidak hanya dilihat sebagai penyedia informasi, tapi juga turut memberikan pengaruh pada pembaca.
Ada banyak faktor mengapa konten kecantikan menjadi topik yang cukup laris jika dibandingkan dengan topik-topik yang lain. Hal ini disebabkan oleh tren pencarian akan konten ini yang stabil dari waktu ke waktu. Dari mulai review, tutorial hingga tips kecantikan.
Berikut ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan bagi temen-temen yang baru memulai blog beauty :

1. Manfaatkan layanan web hosting Indonesia yang terjangkau dan terpercaya 
Seperti layaknya sebuah website, berbagai data yang terdapat pada sebuah blog perlu dijaga sebaik mungkin. Sebagai sebuah media informasi, blog tidak hanya berfungsi sebagai penyedia konten, namun juga sebuah investasi untuk pemiliknya. Informasi mengenai dunia kecantikan akan selalu dicari.

Jadi menurut aku wajib bagi blogger untuk “mengamankan” data-data yang ada di dalamnya. Berbagai data tersebut nggak cuma berupa tulisan, tapi juga gambar, audio, maupun video.

Saat memulai blog, kita bisa memanfaatkan layanan web hosting Indonesia terjangkau untuk menyimpan database blog. Hosting bukan cuma berfungsi sebagai sebuah “rumah” tetapi juga penyedia fitur-fitur penting seperti SSL untuk mengamankan akses ke blogmu.

2. Berani berkreasi dan jaga rasa percaya diri
Selain disiplin dalam pengelolaan blog, penting untuk memulai berkreasi dan percaya diri. Nggak melulu konten yang harus diperhatikan. Misal ketika ingin membuat tutorial dengan menunjukkan wajah dalam keadaan bare face, plis gapapa banget! jangan malu dengan bekas jerawat atau imperfection di wajah. Kita semua punya itu kok :D 

Selain itu, jangan malu atau insecure saat belajar ber-makeup. Nggak ada salahnya kok unjuk diri dengan wajah full makeup. Itu bukan tanda insecurity, melainkan sebuah ekspresi dari rasa percaya diri yang patut diapresiasi.

Sedikit cerita kenapa nama blog aku ivabeautyjourney.com. Karena aku pengen blog aku jadi journey pembelajaran aku di dunia beauty. Sampe sekarang masih seru banget liatin post awal mula blogging. Saat alis belum on fleek, belum bisa blend eyeshadow dan semua punya ceritanya sendiri. 

3. Mencoba style makeup baru? Nggak ada salahnya, kok!

Nggak ada salahnya untuk mencoba! Kalau terbiasa dengan makeup yang bold ala American makeup, boleh sekali kali nyobain makeup natural ala Korea and vice versa. Dengan mencoba sesuatu yang baru, kamu pun bisa memancing para pembacamu untuk aktif memberikan pendapat dan saran.

Beauty is a form of creation. Bentuk dari sebuah kecantikan nggak hanya dibatasi dengan sekadar ungkapan pujian untuk alis yang on fleek maupun bibir yang merah merona aja. Jangan takut untuk nemuin style yang cocok di diri kita.

4. Selektif dalam memilih produk baru yang hype
Catching up with the trend can be so exhausting. Selalu ada update terbaru seputar beauty yang muncul dari waktu ke waktu. Ngikutin yang paling hits tuh nggak akan ada habisnya, deh. Apalagi sekarang dunia beauty lagi sering banget ngeluarin produk dengan jenis yang sama dari setiap brand seperti cushion dan matte lipstick. 

Menurut aku penting banget untuk memahami jenis kulit kita mana produk yang cocok dan berpotensi tidak cocok. Seperti aku dengan jenis kulit kering..saat ini aku bener-bener selektif dalam memilih produk matte. Jadi kalau sekiranya ga akan cocok dan berpotensi ga akan digunakan lebih baik tahan dulu untuk membelinya. Next siapa tau akan ada produk baru yang lebih sesuai dengan jenis kulit kita dan selera kita. 

Intinya sih, kenali dan selektif dengan produk hype mana yang sesuai dengan kita dan bisa di share untuk audience di blog.

5.  Ingin review produk? Mulai dari yang kita punya
Dengan membahas produk-produk yang sudah biasa kita gunakan, akan lebih mudah juga untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan produk tersebut kepada para pembaca blogmu. Apalagi kalau sudah sampai repurchase hingga beberapa kali. Pengalaman tersebut akan memperkuat kredibilitas review yang kamu berikan.

Aku masih inget banget dengan review pertama aku, dan itu adalah produk yang aku beli sudah cukup lama dan sempet repurchase beberapa kali. Aku juga sempet bikin tips buat temen-temen tentang bagaimana memulai review produk.

Pada dasarnya, sebuah blog kecantikan nggak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Kalau kamu ingin membuat konten review produk, mulai aja dari produk-produk yang sudah kamu miliki. Langkah ini tergolong mudah untuk dilakukan, terutama untuk para pemula yang nggak ingin mengeluarkan terlalu banyak untuk menghasilkan sebauh konten review. Be a smart reviewer :)

6. Bagikan berbagai tips kecantikan yang praktis dan aplikatif

Konten sebuah blog beauty nggak hanya berkutat pada review produk saja. Coba berikan variasi konten lain berupa topik-topik yang masih relate dengan kecantikan. Misalnya seperti tips-tips perawatan kulit hingga tutorial makeup. Btw aku juga sering share di instagram aku tentang tutorial dan tips beauty lainnya.
Dengan variasi konten semacam itu, kita bisa saving untuk pembelian produk. Pembuatan konten nggak bergantung pada produk-produk terbaru yang sedang hits saja. Kamu bisa menyediakan lebih banyak konten menarik untuk para pembaca blogmu dengan topik selain review.

7. Skincare first
Aku suka banget mainan makeup tapi jangan lupa dengan skincare. Karena sebagus apapun makeup kalau kondisi kulit sedang ga bagus hasilnya ga akan maksimalKarena aku juga MUA, jadi aku proses preparing skin itu sangat amat penting. Bakal kerasa juga bedanya kulit yang sering dirawat karena lebih mudah dipakein complexion dan flawless hasilnya.

Selain hasil makeup yang lebih maksimal, menjaga kesehatan kulit dengan skincare juga berlaku mirip banget dengan hosting dan blog. Skincare dan hosting adalah dua elemen investasi bagi seorang blogger. Jadi jangan sampai melewatkan keduanya.

Overall, memang perlu dedikasi khusus agar bisa mendapatkan jumlah visitor yang cukup tinggi hingga akhirnya bisa memonetisasi blog. Nggak ada cara yang cepat dan instan untuk bisa menikmati hasil dari sebuah blog. Butuh kesabaran dan komitmen tinggi dalam pengelolaannya. Maka dari itu, tetap berkreasi, selalu ingat untuk disiplin, dan jangan lupa memberi ruang untuk terus berkembang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design