30 Jan 2018

[TIPS] MEMULAI REVIEW PRODUK

Pada awal mulai ngeblog, aku termasuk orang yang jarang bikin review dan banyak bikin tutorial makeup. Beberapa tahun belakangan ini, aku perhatiin review post selalu cepet naik page viewnya, akhirnya ku mikir bahwa memang review lebih berguna buat temen-temen di luar sana yang membutuhkan referensi produk.

Makin kesini aku mulai banyakin review, buat aku yang awalnya ga suka review...agak sulit memang memulai review yang detail dan bener-bener deep di blog. Tapi makin lama makin terbiasa dengan sedikit banyak membuat list dan ide untuk review. Btw, postingan ini aku buat karena pure ingin sharing yes dan aku pun masih banyak belajar untuk membuat review yang jauh lebih baik lagi ke depannya. 



Nah buat temen-temen yang mau memulai blog dan review, mungkin beberapa tips dari aku ini bisa berguna. Soalnya tips ini bener-bener aku bikin dari pengalaman sendiri.. jadi aku tau susahnya bikin review. Plus senengnya saat orang lain menganggap itu bermanfaat :) 


1. PRODUK BEKERJA BERBEDA PADA SETIAP JENIS KULIT

Ini mesti banget diinget! baik kamu menulis review, ataupun membaca review. Jangan ujug2 nanya "kok di aku gak cocok?" atau "di aku bagus kok". Ya tentuuu kan tipe kulit tiap orang beda-beda. Nah untuk membantu readers juga, singgung sedikit pada review kita mengenai karakteristik pribadi kita seperti jenis kulit kita atau kondisi kulit kita yang sedang dialami saat ini. Kalau review foundation, singgung juga tentang skintone kamu. At least, hal ini akan lebih memudahkan pembaca untuk mengkategorikan review kita apakah sesuai dengan dirinya atau tidak :D 

perlu digaris bawahi juga, kalau kita ga bisa membandingkan swatches orang yang tingkat warna kulitnya jauh berbeda dengan kita. Contoh, kulit kita sawo matang..nah jangan kita bandingkan swatches lipstick atau eyeshadow dengan orang yang kulitnya terang kaya Nikkie Tutorials. Jelas gak bisa, karena skintone yang lebih terang umumnya saat menggunakan decorative products akan lebih pop warnanya.


2. BUAT POINT YANG INGIN DI REVIEW

hal ini bisa di custom sesuai dengan keinginan pribadi kita. Kita mau lihat apa aja dari produk yang kita review. Kemudian bisa dibuat menjadi panduan kita setiap me-review produk..percayalah ini memudahkan :) 



Di atas ini adalah contoh kurang lebih point yang aku jadikan acuan saat mereview, ga selalu sama. Kadang ingredients pun ga aku bahas kalau emang ga terlalu bermasalah atau memang gak jadi topik yang lagi viral. Semua bisa di sesuaikan kok dengan keinginan kamu.

3. FOTO PRODUK & SWATCHES


Buang jauh kata-kata "aduh kamera aku jelek, masih pake Kamera HP" atau "aku ga bisa ngedit di photoshop"

Karena sebenernya hal itu cuma jadi penghalang kita buat nyoba sesuatu, jangan mikirin tools. Kalau tulisan kamu cukup informatif dan gambarnya cukup jelas. Pembaca pun bakal sangat terbantu. Yang jelas untuk review...aku sangat memperhatikan segi kejelasan foto produk. Ga perlu ringlight blablabla..di bawah sinar matahari pun bisa bagus asalkan diniatkan! hahaha 

Ga bisa photoshop? nah kan ada editing apps di HP, bhanyaaakkk! terang, gelapin, dan sharpen doang pasti bisa lah :D yang penting packagingnya, detail informasi di packaging dan warnanya tertangkap dengan baik.

Oh iya! aku juga ga selalu review produk yang baru, kadang udah dipake dan ternyata suka (contoh produk wet n wild di atas). Nah sepengalaman aku, produk yang udah digunakan bakal keliatan sedikit kotor dan banyak fall out kemana-mana. Jangan lupa dibersihkan dulu ya :D karena kebersihan sebagian dari Iman. Amin!

4. TIPS REVIEW KHUSUS PRODUK MAKEUP

1) Saat membuat review untuk produk makeup, gunakan produk tersebut langsung untuk mengecek daya tahannya. 

Contoh : tes waterproof eyeliner bisa digunakan saat kamu lagi berkegiatan di berbagai kondisi seperti aktivitas outdoor, berwudhu atau saat berolahraga.

Kalau disiram di bawah air keran gimana kak test waterproofnya? boleh, kalau memang kamu di kehidupan nyata mau pake eyelinernya sambil berenang atau mandi :D

2) Tunggu produk sampai bener-bener nge-set

Produk liquid/ cream makeup yang mengandung pigment itu bagaikan cat. Jadi kalau diaplikasikan ke wajah please tunggu sampai bener bener ngeset, contohnya lip cream dan foundation. Setelah nge-set dan kering..nah baru deh keluar finish dan warna produknya seperti apa. Jika dia menggelap, bukan berarti itu oksidasi..tapi mungkin itu warna aslinya. Oksidasi bisa kelihatan setelah penggunaan produk di atas 2 jam. 

3) Aplikator mempengaruhi performa produk


Contoh produk bagus tapi aplikatornya kurang cucok
Sering banget gak sih nemu produk yang udah satu set dengan aplikatornya di dalam? nah kadang aplikatornya sendiri ga cucok dengan produk yang ada. Jadi aplikatornya ini malah memperburuk performance produk. Coba dulu dengan menggunakan beberapa alternatif aplikator lainnya ya :D supaya lebih objektif!




Nah sebenernya masih banyak sih yang pengen dishare, tapi daripada jadi panjaaang banget. Aku stop dulu segini ya, supaya informasinya bisa lebih efektif dan bermanfaat!




xoxo


Iva Asih

14 komentar:

  1. Kak Iva terima kasih ya sharingnya, kalau dibaca-baca ada beberapa point yang aku lewat ternyata huhuhu, ditunggu lanjutan postingnya kak :D

    www.isthiud.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. siappp! makasih udah bacaa yaaa isthiii :D

      Hapus
  2. wah berguna banget tips review produknya, list untuk review lipsticknya lengkap banget, makasih :)

    https://ditazaharastories.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. waaaaa, makasih Iva sudah mengingatkan, aku suka skip hahahaa maklum sudah uzur

    BalasHapus
    Balasan
    1. saling mengingatkan ya ci, aku udah calon calon skip juga kok hahaha

      Hapus
  4. makasih kak iva tips nya :'))


    xo, beauty-redemption.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. pret lu ah vittt Kakak kakakkk hahahaha

      Hapus
  5. Salam kenal Kak Iva! Makasih banyak postingannya mencerahkan!

    Kalo aku sih problemnya, apa yang aku rasakan dengan hasil di foto itu kurang relevan! Misal aku merasa pake BB cream merk Z hasilnya oke, tapi hasil foto ashy. Hahaha sedih :(

    BalasHapus
  6. wahhh kalau itu kayanya lbh ke tips foto yaaa haha aku pernah sih ngerasain dan emg perjuangan dapet shades yang real di foto sulit. Nanti insyallah aku bahas ya :)

    BalasHapus
  7. asikk makasih sharing-nya kaaa, mudah-mudahan saya makin baik kedepannya dalam menulis review

    BalasHapus
  8. Wahh makasih bgt tipsnya mbak, aku suka bgt review produk & aku sllu ingin lebih baik lagi, mudah2an reviewku bisa diterima secara baik oleh pembaca, hihihi

    BalasHapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design