26 Mar 2016

[Tips Iva] Cara merawat lipstick berdasarkan Jenisnya

Hai semuanya, apa kabare? semoga selalu baik baik dan sehat ya. Cuaca nya lagi ekstrim banget nih, di komplek rumah udah banyak banget yang kena DB, bahkan ada kerabat yang "ditinggalkan" juga karena sosok terdekatnya terkena Demam Berdarah :(  Serius deh, jaga kesehatan, jaga diri di luar sana dan jangan lupa jaga hati yak :3

Kali ini aku mau berbagi tips cara merawat lipstick, kalau kamu kamuh suka beli lipstick kaya yang inih *tunjuk diri sendiri* jangan lupa lipsticknya juga dirawat loh. Supaya tetep awet dan higienis. Aku emang lipstick junkie, tapi beli lipstick bukan berarti ditaro dan dionggokin gitu aja.. aku tetep ngerawat lipstick-lipstick ini. Menurut aku, lipstick itu adalah produk yang paling dekat dengan gerbang ke dalam tubuh kita yaitu Mulut. Let say gue anaknya emang agak OCD, tapi merawat produk yang udah kita beli pake uang sendiri itu ga akan ada salahnya loh. 

Yak, mari kita mulai tipsnya supaya ga banyak bekicau haha tips merawat lipstick ini akan dibagi jadi 3 berdasarkan jenisnya. Btw ini adalah cara merawat lipstick versi aku ya, kalau kalian punya cara lainnya bisa banget kok di share. 


Creamy/ Satin/ Sheer Lipstick





Lipstick dengan jenis ini biasanya memiliki tekstur yang sangat amat creamy. Beberapa lipstick jenis ini yang aku punya, gampang banget meleleh. Kaya nyx round lipstick contohnya.. Kalau ga leleh, bawahnya itu patah -_- Jadi saran aku untuk merawat jenis lipstick ini adalah dengan menaruhnya di suhu ruangan yang tidak ekstrim panasnya seperti (ketinggalan) di mobil yang dimatikan, di bawah paparan sinar matahari secara langsung *perhatian buat yang suka jualan naro di kerdus* . Biasanya aku juga sering menggunakan brush lipstick karena khawatir kalau dipake ke bibir langsung agak gragas, dia langsung potek bawahnya. 

Lipstick dengan jenis creamy ini juga paling gampang kena kotoran, rambut, debu nempel. Jadi make sure kalau nutup lipstick ini beneran sampe "klek" bunyinya. Karena kalau tutupnya lepas pas di taro di tas/pouch, pasti bakal geli banget banyak kotoran yang nempel-nempel waktu tutupnya ga ada. 



Matte Lipstick



Jenis lipstick ini adalah lipstick yang lagi digandrungi sejuta umat. Lipstick koleksi ku pun paling banyak adalah matte lipstick. Mau bosen kaya apa juga balik maning ke ini lipstick.


Problem lipstick Matte yang sering aku temui ada 4 , yaitu : 

1. pinggiran lipstick semakin lama bertekstur tidak rata
2. banyak produk yang tersisa di bagian dalam casing lipstick, menyebabkan tekstur lipstick jadi seperti yang (kasus) 1
3. sisa lipstick menempel di pinggiran luar casing
4. LIPSTICK COPLOK! ini biasanya terjadi pada packaging lipstick matte yang panjang.. karena tekstur matte sangat kering, jadinya bikin lipstick yang panjang gini mudah patah.




Solusinya : 

- jangan diputar terlalu panjang untuk menghindari lipstick copot dari casingnya (walaupun beberapa lipstick ada yang udah copot dari awal). Selain itu, make sure lipsticknya udah masuk semua ke dalam sebelum ditutup, kalau ga bisa turun pas diputer. didorong aja secara manual.. ya ini juga saran untuk semua Cosmetic Company, mungkin ada solusi dari patahnya lipstick ini. Entah ganti packaging, atau bikin formula yang lebih kokoh (?)

- Untuk nomer 1-3 itu emang bakal sering terjadi, jangan lupa membersihkan bagian yang kotor atau tidak rata tersebut dengan tissue/ cotton bud. Seringkali juga ketika touch up dengan lipstick matte, kulit kering di bibir juga ikut nempel ke lipsticknya. Maka dari itu sering-sering di bersihkan, supaya permukaan lipstick tetap rata dan tidak semakin banyak produk sisa yang tertimbun di sekitarnya yang bikin lipstick jadi mudah kering.




Liquid Lipstick / Lip Cream


Nah , jenis lipstick yang ketiga ini yang lagi ngehits dari taun kemarin. Banyak banget brand luar dan brand dalem yang udah ngeluarin dan lagi develop jenis lipstick ini. Aku sendiri suka sih, walaupun ga banyak koleksinya wkwkw karena bisa dibilang harga jenis lipstick ini cukup mahal. Jenis lipstick seperti ini memiliki formula yang basah dan berubah jadi matte /gloss pas diaplikasikan. 



Cara merawat lipstick seperti ini adalah 
- Sama halnya dengan lipstick creamy, aku selalu berusaha untuk tidak menaruhnya di ruangan bersuhu panas. Ini untuk menghindari perubahan kandungan di formula lipsticknya, entah dia bereaksi dengan material plastik di packagingnya, atau berubah formula kalau kepanasan. Karena aku pernah ngalamin lip cream yang jadi  misah oil , air sama pigmentnya pas kepanasan di mobil. Jadi lebih baik menghindari daripada "beli lagi" lol kecuali emang cari alesan beli lagi yeh~

- Buat temen-temen yang suka makeupin orang/ memang koleksi lipstick cair, usahakan gunakan wand baru yang sekali pakai buang agar tetap higienis dan mencegah kontaminasi partikel dari luar ruangan. Ini juga bisa bikin umur lipstick kita semakin awet. Disposable lipstick wand gini bisa kamu temui di 

instagram : @POISON.inc (http://webgram.co/poison.inc)

dengan harga : 
- isi 5pcs       = Rp 15.000
- isi 10pcs     = Rp 30.000
- isi 25pcs     = Rp 62.500
- isi 50pcs     = Rp 110.000
- isi 100pcs   = Rp 200.000

Line : @poison.inc (pakai @)
Or wa : 087878788268






Semoga post ini bermanfaat guysss, 

xoxo





Iva Asih

24 komentar:

  1. thanks infonya :D yg matte iya banget. Tali rekor loh, satu lipstik matte andalan nggak patah sampe mau abis ini. Yeay! Belajar dari yang sebelumnya, gak ngeluarin sampe panjang. Sedikit2 aja. Dan sebelum ditutup, masukin sampe gak kelihatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lipstick matte aku nasibnya sama smua yg model packaging panjang huhu.

      Hapus
  2. Makasi tipsnya kak iva. Memabantu banget postingannya. Eh.. baru tau ada yang jual wand baru sekali buang seperti itu.

    BalasHapus
  3. bener semua problemnya pah, ditaruh di suhu kamar biasa aja lipen2 creamy ku pada meleleh, terus yg matte, bener semua tuh problemnya, makeover sm purbasari udah patah semua dah trs bleberan dipackaging luar udah pasti tuh wkwkwk *tapi aku suka males benah2 :P
    Disposable wand nya pengen iih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan anahhh hahaha paling sebel deh kalau udah begitu. --_____-- beli nah, berfungsi banget buat travelling dan shopping juga :D

      Hapus
  4. Ya ampun peh, infonya berguna banget <3
    Yang matte lipstick nomor 2 dan 3 itu lagi terjadi sama aku dan bete banget liatnya hahahahha

    www.sweetlikeapeach.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya rie, emosehhh~ aku agak OCD jadi suka sebel liat belepetan gitu wkwkwk

      Hapus
  5. Waduhh iya semua ni problem ny >.<
    thanks for sharing kak :-).

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Waduhh iya semua ni problem ny >.<
    thanks for sharing kak :-).

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget kak iva ❤❤ widi jg hobi beli" lipstick jd bisa belajar bikin umur lipstick lebih panjaangg ☺☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama sama widi, semoga makin cuco koleksi lipsticknya hehe

      Hapus
  8. baru tau kalo ada wand beli banyak gitu, nice info! aku pernah lip tint meleleh dan itu rasanya pingin tobat seketika karena apa dosaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ngakak abis, pedih ya kalau gincu rusak, hati juga langsung retak :))

      Hapus
  9. Aku sih selalu ngabisin lipen sampe ujung2 nya :D Thanks loh infonya tentang wand ini. Wand SMLC ku pada botak di beberapa tempat, jadi gak nyaman make nya. ^^

    iamvinaeska.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus dong hehe hemat banget beli lipstickny brarti yaa :D iya lumayannn buat replace yg udah botse2 hehe

      Hapus
  10. waaaaah baru tau ada yang jual wand gituan. bener deh, kalo lg dandanin temen bingung mau digimanain wand nya :"D

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iyaa, sebenernya ada dari dulu tapi suka jauh belinya di luar sonooo~ ini adaa olshop yg jual jadi alhamdulillah :D

      Hapus
  11. nice info. kalau lip tint bagaimana merawatanya? :D

    impiccha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. lip tintnya jenis apa? kalau lip tint yg jenis lipstick ya digolongkan ke creamy , kalau yg liquid lip tint ya digolongkan ke liquid cara merawatnya :)

      Hapus
  12. Aku juga suka bgt koleksi lipstick... Udh smpe 20 biji :D tp ada masalah sm lipstick wardah yg varian matte tp sbnrnya creamy ituhh... Kl g dipake utk bbrp waktu, ps dibuka lg psti udh berjamur. Gmn ya biar ga kyk gtu? Apa yg salah ya? Hampir semua lipstick aku simpan di dlm laci. Yg wardah itu cpt berjamurnya. Mksh ya sblmnya :)

    BalasHapus
  13. Tips nya oke banget buat dicoba! Aku paling kesel soalnya kl sama creamy lipstick umurnya nggak pernah panjang, selalu meleleh dan belepotan, sampai kutaruh di kulkas biar bisa dipakai lagi, lol :))

    xoxo,

    |CHELSHEAFLO NEW POST|

    |INSTAGRAM|

    BalasHapus
  14. Halo kak, mau tanya deh. Aku kan baru beli lipcream di online, tapi begitu sampe di segelnya itu jd agak berminyak gitu. Itu karena kepanasan kah? Masih bisa dipakai ngga ya? Makasih kak, nice info btw ^^

    BalasHapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design