2 Jun 2017

Belajar mendengarkan Tubuh sendiri dengan Hypnoslim

"aku udah coba diet mayo, herbalife, military diet tapi berat aku ga turun-turun"

"aku bosen makan sehat terus..(padahal cheatingnya starbucks, dum dum thai tea, dll)"

"aku ga mau makan nasi (tapi makan makanan yang glukosanya lebih tinggi)"


Itu hal yang aku alami kemarin, dan aku yakin banyaaaak banget temen-temen di luar sana yang ngalamin juga haha. Sebenernya bukan salah metode dietnya guysss.. tapi makin kesini aku semakin sadar bahwa yang salah adalah mindset aku. Iya mindset aku yang diet dikit rasanya udah diet seumur hidup lamanya, mindset aku yang suka diet keras tapi nahan lapar giliran makan malah kalap dan mindset aku yang suka cheating tapi ga kira-kira cheatingnya. Ya gimana bisa berubaaah :))



Intinya yang salah adalah Fondasinya





Beberapa waktu yang lalu aku coba program Hypnoslim, karena semakin kesini aku sadar bahwa permasalahan aku lebih kepada kontrol diri aku sendiri. Bukan pada metode diet yang aku coba. Sejak ikut diet ini ada beberapa FAQ yang ditanyakan oleh orang-orang. Aku akan coba bahas disini yaa :) 

1. Hypnoslim itu apa?

Hypnoslim atau biasanya dikenal dengan Mindslim program adalah sebuah program penurunan berat badan yang alami dan sehat dengan metode pemrograman pikiran. Program ini sifatnya permanen (seumur hidup) tanpa menggunakan obat, pil, jarum ataupun hal-hal yang menyiksa. Karena pusatnya lebih bermain di pikiran kita. 

Yang aku rasakan setiap aku mengikuti program dengan embel-embel susu pengganti makanan, obat pelancar metabolisme blablablaa..(believe me aku pernah semuanya) haha yang ada ketika ga pake lagi, badan ekeu melar shaaay~ karena badan aku terbiasa disokong oleh hal tersebut dan metabolisme pasti bakal jadi berbeda ketika udah stop plus kembali ke pola makan yang sewajarnya. Sedangkan menurut aku hidup sehat adalah bisa sehat tanpa hal hal tersebut..ya secara basicnya udah sehat tanpa disokong oleh produk apapun.

2. Prosesnya kaya gimana? kaya uya kuya gitu gaa yang disuruh tiduran trus dikeluarkan alam bawah sadarnya? 

NGGAAAKKK! hahaha bukan kaya hipnotis di TV~ program mindslim ini lebih ke memasukan sugesti berkali-kali ke diri sendiri. Diawali dengan pertemuan dengan coach kita, diajarkan cara "makan" yang benar, belajar mengenali diri sendiri, mengenali rasa lapar emosional dan lapar fisik. Kemudian diberikan PR setiap harinya untuk melatih diri melalui jurnal dan audio, diingatkan mengenai mindful eating melalui kedua hal tersebut untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

3. Lah Mindful eating itu apa sih?

ini yang penting. Mindful eating itu adalah makan dengan sadar. Selama proses ini kebiasaan makan kita akan diprogram secara permanen ke depannya. Kita diajak mengenali lapar yang memang dibutuhkan oleh fisik dan lapar emosional atau yang biasanya dikenal dengan ngemil, kalap, liat chatime pengen, liat cemilan pengen..padahal ga semuanya dibutuhkan oleh badan kita.

Kita diajarkan untuk makan dengan sadar, perlahan dan menikmati makanan yang kita makan.. Berhenti di saat tanda-tanda lapar fisik sudah hilang (seperti perut keroncongan, pusing dan perih lambung). Hal ini dinamakan kondisi netral.. jadi kita belajar berhenti makan di saat netral bukan kenyang. Karena kalau kita berhenti di saat netral, tubuh kita akan berfungsi secara maksimal untuk mengolahnya dan kita masih memiliki energi untuk beraktivitas (ga yang kekenyangan sampe ga bisa jalan) haha

Jadi intinya "makan secara sadar dan berhenti ketika Netral" 


4. Kok kamu kaya ga diet sih? masih posting makanan dan masakan?


HAHAHA.. yang didietin itu jiwa raga ini namun suami juga perlu dimasakin dong. Aku ngerasa bahwa aku masih suka makan dan masak, life is short! kenapa ga nikmati makanan yang kita inginkan. Toh selama hypnoslim ini ga ada pantangan makan :) satu satunya tantangannya adalah BERHENTI SAAT NETRAL. Jadi aku tetap makan makanan yang aku mau, tapi aku akan stop makan ketika aku sudah merasa dalam keadaan cukup.. Kalau laper lagi? ya makan lagi tapi perlahan dan dirasakan sampe kondisi tubuh kita sudah ada pada keadaan netral. Intinya, jangan lupa mendengarkan seluruh sinyal di tubuh kita :) Jangan memaksakan diri juga buat ga makan padahal badan kamu membutuhkan.

Lagipula menekan diri dari makanan di luar sana sebenernya ga terlalu bagus, kalau kita pengen...ya makan di saat lapar (fisik) tapi hindari yang namanya emotional eating, starving, dan obsessive dieting. Di sini juga aku diajarkan untuk tidak menghitung-hitung kalori namun memperlakukan semuanya sebagai makanan selain air putih dan teh tawar. 


5. Progressnya sejauh ini gimana?

Untuk menimbang berat badan adalah hal yang sangaaaaaaat dihindari dalam proses ini. Coach aku bilang banyak orang yang diet trus giliran ga turun-turun malah kesel karena "gue udah diet keras tapi ga ada efeknya nih". Padahal proses merubah pola makan ke arah yang lebih baik ga bisa dilakukan semalam trus sukses, tapi butuh proses berkelanjutan. Inget loh "yang turunnya gampang maka naiknya gampang juga" hahahaha. Nikmatilah prosesnya...

Progress yang aku rasa sejauh ini adalah aku memang terkadang belum berhenti makan di saat netral tapi masih pada fase kenyang. Aku tau bahwa ini adalah proses (baru seminggu wkwkw). Aku juga udah sempet tanya coach aku. Memang hal ini harus bertahap, karena kalau secara instan akan berubah menjadi obsesi di kelanjutan harinya jika terlalu ditekan. 

Tapi progress besar yang aku rasakan lebih kepada aku bener-bener stop makan ketika sudah kenyang, jika memang masih ada sedikit sinyal lapar.. aku menggantinya dengan makanan yang lebih healthy..bukan martabak lagi kaya dulu haha. Yang terpenting aku udah mulai gak craving, emotional eating dan stop membuat diri aku lapar banget sampe kalap kaya dulu. Fyi: aku ini anaknya hobi nahan laper trus makan kaya kesurupan udahnya. Padahal ga bagus buat metabolisme. 


Nah kurang lebih 2 minggu dari pertemuan awal kemarin dengan Coach aku, aku bakalan ikut sesi keduanya nih. Insyallah ketika sudah sesi kedua aku akan tulis lagi progressnya disini. Semoga bermanfaat :D 



"jangan membandingkan diri kita dengan orang lain, karena progress adalah yang kita rasakan. Progress adalah kita yang lebih baik"


Btw kalau mau tanya-tanya lebih lanjut, tanya ke Mba Arty langsung boleh :) 
instagramnya : @bemycoachee



Xoxo





Iva Asih






1 komentar:

  1. Iva, thanks for sharing. BTW aku juga susah diet. So far udah berhasil nggak makan nasi terlalu banyak. Cuma, selama puasa ini craving gorengan jadi menjadi-jadi padahal sebelumnya aku ga pernah makan goreng. jarang gitu deh. Terus kalau Starbucks untungnya aku nggak suka frappe yang manis dan berwip cream. paling suka cuma latte itu pun less sugar. Share tentang dietmu terus ya. Aku pengen makan lebih terkontrol hehe

    BalasHapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design