[TIPS&REVIEW] PENCERNAAN SEHAT SELAMA PUASA DAN DIET

10 Jun 2017

"kayaknya buka pake kolek enak, eh tambah martabak deh, belum makan nasi juga kayanya belum nampol nih" --lah kok jadi banyak bener

"pokoknya beres diet atau pas cheating day, aku mesti banget makan red velvet dan sate taichan 20 tusuk"-- seonggok cuitan di dalam hati wanita berdiet


((sesungguhnya aku sering banget self talk kaya di atas ini haha))



tapi apakah semua makanan tersebut dibutuhkan tubuh? apa semuanya bisa bikin sistem imun dan metabolisme badan kita lebih baik? atau kita cuma kalap? jawabannya jelas yang terakhir! :D






Mensiasati emotional eating saat diet dan berbuka puasa sangat penting. Karena "kekalapan" itu gak baik untuk metabolisme tubuh, sistem pencernaan ataupun proses diet yang sedang kita alami. Bayangin saat puasa atau diet.. perut kita kosong dalam waktu lama, terus langsung dihajar dengan berbagai makanan yang berminyak, pedas, plus berglukosa tinggi. Be wise untuk memilih makanan yang kita masukkan ke badan kita ya, Guys!

Sebelumnya juga aku cerita tentang proses Hypnoslim aku di post ini, disitu aku juga diajarkan untuk makan yang dibutuhkan tubuh, tidak menahan lapar dan berhenti pada saat Netral. Selain sinyal lapar fisik yang timbul, hal itu dinamakan lapar emosi atau bisa disebut dengan "keinginan ngemil/kalap". Sejujurnya keinginan ngemil aku masih sering muncul sampe sekarang, tapi aku usahakan dengan mengganti makanan yang aku makan dengan yang lebih sehat dan mensupport seluruh metabolisme tubuh aku selama proses slimming.

Jadi aku berusaha memasukan lebih banyak sayur dan buah selama proses diet aku terutama ketika berbuka puasa..bukan hanya karena low fat, tapi kedua makanan tersebut adalah makanan high fiber yang baik untuk pencernaan. Karena di Bulan Puasa ini asupan cairan dan makanan berkurang, terus aku jadi susah ke belakang..penyelamatnya cuma makanan high fiber kaya sayur-sayuran dan buah-buahan deh. Sayangnya seringkali kalau aku dalam perjalanan dan berbuka di luar rumah, agak repot untuk membawa sayur atau buah segar. Jadi aku mengganti keduanya dengan makanan yang lebih praktis dibawa-bawa tapi juga kaya serat..seperti snack oat dan Yogurt.

Dari berbagai banyak pilihan snack sehat dan yogurt yang aku coba, gak semuanya cocok di aku terutama dari segi rasa. Aku anaknya rewel banget dengan rasa makanan, hidup cuma sekali sistah~ walaupun diet jangan sampe kita menekan diri buat makan makanan yang ga enak haha. Salah satu pilihan fresh yogurt yang aku minum dari dulu sampe sekarang adalah Heavenly Blush (promo nihhh?) hahaha engga kok~ aku doyan banget sama heavenly blush dari jaman dia masih buka yogurt bar di Mall sampe dijual di supermarket. Dulu aku anaknya asal cobain yogurt yang dijual di supermarket, ujung2nya ya dibuang kalau keaseman atau rasanya ga enak. Tapi giliran nemu yang udah enak, aku susah move on! thanks to Heavenly blush yang udah gampang ditemuin di mana-mana sekarang. 





Hampir semua Heavenly Blush jenis apapun udah aku cobain, sekarang aku lagi icip yang Tummy Yogurt. Semua orang yang kenal aku pasti tau kalau aku anaknya bermasalah dengan si perut, entah magh, sembelit atau kadang kelancaran. Thats why aku suka banget Heavenly Blush, karena bisa bikin pencernaan aku lancar (tanpa kelancaran) plus aman buat lambung aku yang sensitif karena ga asam.

Sebelum aku review produk Tummy Yogurt Heavenly Blush, aku mau kasih tau dulu manfaat yogurt buat kesehatan. Bahkan kemarin pas hamil pun aku suka makanin greek yogurtnya Heavenly Blush supaya lancar pupup dan ngilangin eneg. Yogurt merupakan fermentasi dari susu yang memiliki begitu banyak bakteri baik. Yogurt punya manfaat sebagai berikut : 
  1. Menjaga tulang tetap sehat karena mengandung banyak kalsium
  2. Sumber Vitamin untuk memperkuat kekebalan tubuh 
  3. Baik bagi kesehatan kulit
  4. Yogurt juga memiliki banyak bakteri baik dan high fiber yang bisa menjaga kesehatan usus kita, memperlancar sistem pencernaan dan menurunkan resiko kanker kolon
  5. Membantu diet dan menurunkan berat badan karena kandungannya membuat kenyang lebih lama

Dari berbagai kebaikan Yogurt, Heavenly Blush mengeluarkan Varian Tummy Yogurt Drink yang dapat menjadi solusi untuk sistem pencernaan kita. Kalau biasanya kita cuma minum Yogurt rasa buah, kali ini double! Tummy Yogurt ini adalah Fruit and Veggie Yogurt jadi ada buah dan sayuran di dalam satu botolnya :D serat di dalam satu botol ini bakal lebih banyak dan lebih efektif untuk sistem pencernaan. Good for our Tummy!



terus apa bedanya Tummy Yogurt dengan Yogurt lainnya? 

Heavenly Blush Hi Fiber Tummy Yogurt drink, good for your tummy !

Selain memang bahan dasarnya sudah Low Fat dan Fresh Yogurt. Di International Journal of Obesity pada tahun 2005 juga mengatakan bahwa asupan kalsium melalui yogurt bisa membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. 


Supaya lebih jelas mengenai Tummy Yogurt Drink, aku bakalan bahas satu-satu yaa disini :)


TUMMY YOGURT DRINK

Harga sekitar 9900-10.000an rupiah (tergantung supermarket yang menjual)
Bisa diperoleh di ? 
Carrefour, Papaya, Indomaret, All Fresh, Food Hall, Grandlucky dan Farmers Market 


Komposisi :
Air, Yogurt, Serat Larut (GOS), Puree Blueberry (2,5%), Aneka Buah Beri (2,5%), Kultur Bakteri Asam Laktat, Konsentrat Jus Apel, Konsentrat Jus Bit Merah (0,2%), Penstabil Pektin, Pewarna Alami CI 75470, Premiks Vitamin, Perisa Artifisial Blueberry, Pengatur Keasaman (Asam Sitrat, Natrium Sitrat) dan Kalsium Karbonat. 
((tanpa pemanis buatan))

Jumlah Kalori : 100KKAL

Rasa pertama yang aku coba dari Tummy Yogurt Drink Heavenly Blush adalah Blueberry Redbeet. Blueberry sendiri diyakini memiliki banyak antioksidan dan Redbeet merupakan Umbi yang baik untuk darah kita. Keduanya ini merupakan buah yang sering digunakan saat proses diet karena kalorinya rendah. Terbukti dari jumlah kalori varian ini paling rendah di antara kedua sodaranya. Pas sebelum aku cobain ini, aku masih kebayang rasa Redbeet yang dulu sempet aku jadiin campuran smoothies, rasanya beneran bau umbi dan tanah haha trus pas aku cobain ini..surprisingly rasanya enak banget. Ga ada bau umbi-umbian dan manis segar ga bikin bleneg! Tummy Yogurt Drink ini juga lebih mild dari yogurt yang kental lainnya, jadi beneran bisa praktis kita bawa-bawa saat berpergian.


Komposisi : 
Air, Yogurt, Serat Larut (GOS), Konsentrat Mangga (4,5%), Kultur Bakteri Asam Laktat, Konsentrat Jus Apel, Konsentrat Wortel (0,4%), Cranberry Bubuk (0,2%), Penstabil Pektin, Perisa Alami Mangga, Premiks Vitamin, Pewarna Alami, Pengatur Keasaman (Asam Sitrat, Natrium Sitrat) dan Kalsium Karbonat. 

Kalori : 150 KKAL

Rasa kedua yang aku coba adalah Mango Carrot. Sepintas pas buka botolnya, langsung simiriwing wangi Mangga. Aku suka banget Mangga by the way, kalau makan mangga kaya nyeruput air putih haha cepet banget! Rasa dari Mango Carrot ini lebih dominan ke Mangonya~ dengan taste fresh yogurt yang ga ada asemnya sama sekali dan ga ada bau langu sayurannya juga. 





Komposisi :
Air, Yogurt, Serat Larut (GOS), Puree Raspberry (2,5%), Blackberry Bubuk (2%),  Aneka Buah Beri (2%), Kultur Bakteri Asam Laktat, Konsentrat Jus Apel, Penstabil Pektin, Pewarna Alami CI 75470, Premiks Vitamin, Perisa Artifisial Raspberry, Pengatur Keasaman (Asam Sitrat, Natrium Sitrat) dan Kalsium Karbonat. 

Kalori : 150 KKAL

Untuk rasa yang terakhir ini adalah rasa yang bener-bener ga kepikiran bisa di mix. Aku dulu suka bikin smoothies, tapi ga pernah cobain campur brokoli dan raspberry. Pas mau icip, langsung mikir...wah rasanya gimana ya? ternyata enak, semua varian ini kok enak haha hampir mirip dengan si Blueberry Redbeet. Varian ini juga bisa dibikin jadi smoothies dengan mencampur beberapa buah lainnya untuk sarapan atau sahur. 



Smoothies mamaipeh!

Untuk yang selanjutnya, aku mau review Heavenly Blush Yogurt Bar. Versi snack si Tummy Yogurt yang jadi penyelamat aku ketika buka diluar tapi masih di jalan atau pengen ngemil yang sehat dan ga bikin seseg nafas karena kekenyangan.


Heavenly Blush Yogurt Bar

Harga sekitar 7500 rupiah
Beli di? Starbucks Coffee, Indomaret, Grandlucky, Food Hall, dan Farmers Market 




Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar ini ada dua varian yaitu Lime dan Berries. Snack ini apa sih sebenernya? Jadi snack Tummy Yogurt Bar ini merupakan snack yang terdiri dari yogurt, oats dan multi grain. Yogurt bar juga memiliki campuran buah, pada bagian bawahnya terdapat coklat putih plus yogurt. Yogurt Bar ini super padat isi, jadi bisa bikin kenyang lebih lama dan keinginan ngemil ga sehat pun batal haha


Jumlah kalorinya masih berada pada batas aman untuk diet tapi bisa membuat kita kenyang lebih lama karena padat oat dan multigrains seperti Chia Seed, Pumpkin Seed, Sunflower Seed, Black Sesame dan White Sesame. Ngemil tanpa cemas2 deh~ Oat dan Multigrains sendiri juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti mengurangi kolesterol, baik untuk metabolisme serta sistem pencernaan pada saat diet dan juga baik untuk kesehatan jantung.


HEAVENLY BLUSH YOGURT BAR BERRIES 



Komposisi : 

Oat (20,57%), Konsentrat Jus Apel, Kacang Mede (12%), Cokelat Putih, Kismis, Sirup Fruktosa, Buah Kranberi (5%), Biji Bunga Matahari (3%), Mentega, Biji Labu (2,5%), Biji Chia (2,5%), Biji Wijen Hitam (2%), Biji Wijen Putih (2%), Yogurt, Serat, Inulin, Konsentrat Jus Lemon (1%), Aneka buah beri (0,5%), Pengelmusi Lesitin, Kedelai, Konsentrat Wortel Ungu, Labu bubuk (0,5%), Perisa Artifisial Vanila, Perisa Artifisial Blackcurrant, Pengawet Kalium Sorbat

Kalori : 90 KKAL

Rasa : 
Sebelumnya aku suka ngemilin produk snack Oat yang ada di supermarket dari berbagai macam merek. Enak sih tapi ga tahan seretnya, nyangkut di gigi dan lama-lama bosen karena kurang mantep rasanya. Yang aku suka dari Heavenly Blush Yogurt Bar ini adalah rasanya bisa dibilang jarang banget ditemui. Ada unsur cokelat putih dan Yogurtnya. Untuk varian berries rasanya manis, seger dengan beberapa buah berry keringnya. Suami aku suka yang berries, kalau aku suka yang Lime :D


HEAVENLY BLUSH YOGURT BAR LIME





Komposisi : 
Oat (20,57%), Konsentrat Jus Apel, Kacang Mede (12%), Cokelat Putih, Kismis, Sirup Fruktosa, Buah Ara (5%), Biji Bunga Matahari (3%), Mentega, Biji Labu (2,5%), Biji Chia (2,5%), Biji Wijen Hitam (2%), Biji Wijen Putih (2%), Yogurt, Serat, Inulin, Konsentrat Jus Lemon (1%), Jeruk Nipis Bubuk (1%), Delima Bubuk (1%), Pisang Bubuk, Perisa Alami Jeruk Nipis, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Brokoli Bubuk, Konsentrat Wortel Ungu, Perisa Artifisial Vanila, Pengawet Kalium Sorbat.

Kalori : 100 KKAL

Rasa : 
Rasa Lime ini adalah bener-bener menarik buat aku. Campuran sedikit rasa asam dari Lime, Yogurt dan Cokelat putihnya pas. Semuanya ngeblend di dalam satu gigitan (hasikkk). Aku juga udah repurchase rasa ini berkali kali. 





Manfaat yang aku rasakan setelah minum dan makan Yogurt Tummy Heavenly Blush selama puasa dan berdiet adalah pencernaan yang jauh lebih lancar dan rutin dari biasanya. Aku suka makan Yogurt bar sebagai takjil (pembuka puasa), jadi ketika sudah agak terisi perutnya aku baru makan karbo yang berat. Yang aku rasakan adalah aku ga kalap makan banyak makanan karena kenyangnya bisa jauh lebih lama dan berhenti craving makanan macem-macem setelah buka. Ga khawatir juga karena Takjil aku ini Low fat..ga banyak minyak ataupun karbo. Luar biasa kan~ biasanya dulu aku masih kepengen go food martabak lagi haha. Kalau makan ini ketika sahur pun, bikin aku bisa menahan lapar lebih lama tanpa bikin begah. Tau banget kaan begah kalau kebanyakan makan karbo yang berat :) ngantuk terus, males beraktivitas dan malah kadang bikin susah konek  kalau diajak ngomong haha 

Untuk Tummy Yogurt Drink, biasanya aku minum sebelum tidur. Aku percaya bahwa metabolisme tubuh bekerja maksimal ketika kita tidur. Hasilnya setiap pagi aku rutin ke toilet tanpa drama ga bisa ke belakang sebelum pergi keluar rumah. Rasanya juga tuntas...tuntas ga pengen bolak balik lagi :) asam lambung aku juga ga pernah kumat karena si yogurtnya ga asam. Tummy Yogurt Drink ini juga seger, kerasa banget memang diolah dari Fresh Yogut yang High Fiber. 

Overall, Kedua produk Heavenly Blush Tummy Yogurt ini bener-bener membantu diet aku dan bikin kenyang lebih lama di saat berpuasa dan berdiet kali ini (kebetulan program Hypnoslim aku juga kan dimulai pas bulan puasa). High Fibernya juga membuat pencernaan aku lebih sehat.  Can't wait Heavenly Blush ngeluarin berbagai rasa lagi~ :D



Jangan lupa mampir ke social media Heavenly Blush ya :D
Heavenly Blush Tummy Yogurt ini bisa ditemui di seluruh Indomaret terdekat kamu.

www.heavenlyblush.com
Facebook : heavenly blush
Instagram : @heavenlyblushyogurt
Twitter : heavenlyblush

Posting Komentar