REVIEW AIRNDERM SKINCARE DI KULIT KERING DAN BEKAS JERAWAT

14 Des 2020

Beberapa watu yang lalu, aku dapet kesempatan untuk konsultasi online dengan Airnderm aesthetic mengenai beberapa keluhan di wajah aku. Saat ini beberapa keluhan tersebut adalah  kulit yang lagi super tandus, rentan iritasi sejak sering tergesek masker dan problem beberapa bekas jerawat "nackal" ini. Airnderm mengirimkan beberapa pertanyaan dan meminta foto bare face aku untuk konsultasi awal, lalu aku direkomendasikan beberapa produk OTCnya sesuai dengan kebutuhan aku. Sekarang aku udah pake produknya dalam jangka waktu tertentu dan akan aku bahas satu per satu mengenai produknya di post kali ini.





AIRNDERM HYDRATING PRIMER TONER


✔ HYDRATING PRIMER TONER
IDR 100.000

toner yang berfungsi memaksimalkan proses pembersihan wajah, mengembalikan ph kulit wajah sekaligus menghidrasi kulit wajah. 

✔ KEY INGREDIENTS
- Glycerin
Melembapkan dan menjaga keseimbangan PH kulit 
- Sodium Hyaluronate
Mengunci kadar air, menjaga kelembapan kulit, meningkatkan hidrasi kulit
- Aloe vera
Melembapkan, menenangkan dan menghidrasi kulit 

✔ NO ALCOHOL, NO FRAGRANCE , NO SILICONE

✔ FULL INGREDIENTS 

Aqua, Propanediol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xantan Gum





Hydrating Primer toner ini adalah salah satu produk Airnderm yang cukup bikin aku penasaran karena reviewnya kemarin sempet seliweran di timeline instagram aku. Produk-produk OTC Airnderm ini punya packaging yang minimalis dan bikin kesan produk OTC kliniknya ga terlalu kelihatan. Hydrating Tonernya ada di dalam packaging botol frosted transparan dengan material plastik yang cukup kokoh, aku suka dengan produk yang packagingnya see through gini..karena bisa liat jumlah produk yang ada di dalamnya. Gak yang ujug-ujug habis hahaha.


Packaging Airnderm Hydrating Primer Toner ini cukup toughtful, aku selalu suka packaging toner yang punya seal buka tutup lagi di dalamnya. Jadi kerasa lebih safe untuk dibawa-bawa dalam pouch apalagi toner punya konsistensi liquid yang rawan bocor. Size Toner ini memang cukup besar, tapi karena packagingnya slim memanjang jadi ga kerasa bulky. 

Bisa dibilang dari seluruh produk Airnderm yang aku coba, produk ini adalah salah satu produk favorit aku. Ingredients listnya sangat simple, dominan humektan dan memang fokusnya hanya ke hydrating. Buat temen-temen yang memang mencari toner untuk pemula ini bagus banget. Aku pun suka banget pake Toner ini setiap mau pake actives, rasanya ga perlu banyak mikir cocok ga ya digabung sama ingredients ini itu karena memang fokusnya hidrasi tok. Ga ada ingredients yang macem-macem, simple dan menyenangkan di kulit.




Tekstur dan konsistensi produk ini lebih ke watery gel, aku suka aplikasikan pake kapas sebagai cleansing toner dilanjutkan dengan menggunakan tangan langsung di tap-tap ke wajah sebagai hydrating toner. Sesuai dengan klaimnya aku ga nyium fragrance atau wangi apapun yang ada di dalam produk ini. Pas diaplikasikan ke kulit wajah juga rasanya nyaman, seger dan cukup hydrating. Pada awalnya terasa cukup ringan memang, tapi bisa kita layer sesuai kebutuhan dan masih terasa nyaman.


AIRNDERM RETINOL SERUM 



✔ RETINOL SERUM
IDR 125.000
Serum yang mengandung retinol dan berfungsi sebagai anti aging, moisturizer dan skin brightener.

✔ KEY INGREDIENTS
- Retinol
Anti aging, menyamarkan kerutan dan garis halus, mengencangkan kulit
- Acetile Hexopeptide - 8
menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen
- Sodium Hyaluronate
mengunci kadar air dalam kulit

✔ FULL INGREDIENTS 

Aqua, Propanediol, Glycerin, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Lecithin, Polysorbate 20, Retinol, Ethylhexylglycerin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum.




Retinol adalah salah satu ingredients yang cukup membantu memperbaiki tekstur kulit dan mempercepat proses jerawat di kulitku. Bekas jerawat pun sangat terbantu dengan ingredients ini. Tapi sayangnya kulit aku ga bisa menggunakan retinol terlalu sering dan presentase yang terlalu tinggi, maksimal 2-3 kali seminggu karena berpotensi bikin kulitku semakin kering. Sebelum dan sesudah mengaplikasikan skincare retinol pun, produk yang dibawahnya harus bener-bener yang menghidrasi. 

Packaging Airnderm retinol serum ini masih satu nuansa dengan packaging produk OTCnya yang lain. Clean dan straight to the point. Retinol serum hadir dengan botol kaca dan dropper/pipet. Ada boxnya juga dan semua informasi mengenai produknya tercantum jelas dari mulai ingredients, nomer pom, dan juga cara pemakaian. Minus dari packagingnya ini adalah kadang produknya suka menempel di mulut botol dan agak sulit tersedot si droppernya karena tekstur produknya gel yang cukup thick. Aku rasa akan lebih nyaman jika produknya ditaruh ke dalam pump.




Tekstur produk ini gel yang cukup thick, tapi pas udah dibaurkan rasanya ga butuh banyak waktu yang lama untuk diserap kulit. Aku ngerasa produk ini cukup gentle dan ga ada sensasi kurang nyaman sama sekali di kulit. Btw, Airnderm retinol serum ini menggunakan BST Retinol dengan presentase 1,5%. Jika di breakdown, retinolnya sendiri adalah 0,015%. Aku menggunakan retinol serum airnderm ini biasanya 2-3x seminggu, tergantung keadaan kulit aku. 

Retinol serum ini nyamaaaan banget di kulit dan malah rasanya sangat melembapkan. Jauh banget dari experience aku yang suka mendadak tandus kemarau tiap pake retinol. Ga ada efek kering ataupun bikin nongol jerawat baru. Tapi efek plump dan ngeringin jerawat yang aktifnya tetep berasa. Kalau abis pake ini di malam hari, paginya kulit rasanya enyoy dan lembap. Aku rekomendasiin banget produk ini buat temen-temen yang mau kenalan sama retinol karena cukup gentle tapi tetep bikin kulit lebih plump dan "ngisi". Harganya juga termasuk affordable banget~

NIACINAMIDE GEL


✔ NIACINAMIDE
IDR 70.000

✔ KEY INGREDIENTS
- Niacinamide /B3
meningkatkan elastisitas kulit, menghidrasi kulit, melembabkan kulit, memperkuat skin barrier, membantu menjaga kesehatan kulit baik dari radikal bebas ataupun bakteri, mengurangi produksi sebum berlebih selain itu jika rutin di gunakan dapat membantu mengurangi komedo , mencerahkan kulit dan memudarkan flek atapun bekas jerawat. - Aloe Barbadensis Leaf Extract Membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit dehidrasi serta meningkatkan kesehatan kulit - Sodium Hyaluronate mengikat kelembabandi dalam kulit.


✔ FULL INGREDIENTS 

Aqua, Butylene glycol, Niacinamide, Betaine, Propylene Glycol, Panthenol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl acrylate,crosspolymer, Arginine, Aloe barbadensis leaf extract, Disodium EDTA, Ethylexyglycerin, Sodium Hyaluronate





Dari nama produknya tampak sangat menarik banget dan straight ke ingredientsnya yaitu Niacinamide. Produk ini ada di dalam jar plastik yang sudah include dengan spatula. Tekstur produk ini jelly bening yang mirip dengan aloe vera gel. Pas diaplikasikan ke wajah rasanya langsung nyesss adem. Ga ada bau macem-macem dan cepet menyerapnya. 

Aku lebih suka pakai produk ini di siang hari, kalau untuk malam rasanya agak terlalu ringan efek hidrasinya di kulit. Jadi kalaupun aku pakai di malam hari, aku biasanya layer dengan produk moisturizer yang lebih oclusive/emollient jadi bisa mengunci kelembapannya. Entah kayanya hampir seluruh produk dengan ingredients utama niacinamide rasanya kurang hydrating di kulit kering aku. Karena finishnya agak sedikit tacky, jadi ini bisa juga dijadikan sebagai primer makeup. 



Niacinamide merupakan salah satu ingredient yang cukup ngefek di aku untuk memudarkan bekas jerawat. Sejauh pemakaian aku sendiri bisa melihat kulit aku menjadi lebih cerah dan radiant, tapi bekas jerawat yang bandel belum terlalu pudar. Niacinamide gel ini juga cukup OK untuk mengontrol produksi sebum, terbukti untuk area t-zone cukup terkendali oil dan komedo. Aku rasa temen-temen yang oily skin bakal suka dengan produk ini. 

Overall, seluruh produk Airnderm ini menurutku cocok buat temen-temen yang mau kenalan dengan skincare. Semuanya gentle, ga ada ingredients yang macem-macem dan nyaman di kulit. Yang terpenting, secara harga juga masih cukup terjangkau

For more info : 

Airnderm 

Local skincare since 2012

✅ BPOM dan MUI certificated

Shopee : https://shopee.co.id/airin.skin



1 komentar

  1. Menarik banget, banyak yang suka sama retinol serumnya nih, jadi pengen coba :D

    BalasHapus