30 Apr 2018

BELANJA PRELOVED BERKUALITAS DI TINKERLUST

" I have enough shoes and bags and makeup and clothes, i don't need shopping"- said no woman ever.


Ngeliat Quotes ini nongol di social media aku beberapa waktu lalu, aku langsung mikir. Iya sih bener juga, segini banyak baju tapi selalu bingung mau pake yang mana.. yang dipake pasti yang udah nyaman itu itu lagi atau gak kegiur online shop. Tas dan sepatu juga. Makeup? bisa sih ngabisin makeup komit sampe akhir, tapi belum tentu bisa nahan beli makeup products yang lain juga. Tapi karena aku tinggal di apartemen, space udah mulai sempit dengan barang yang makin banyak. Sampai akhirnya aku sadar, solusinya adalah bikin garage sale dan jual preloved online. Sayangnya kalau buka garage sale, cape bok..angkut barang, jaga stand, belom ditawarnya ampun-ampunan bikin pengen mewek on the spot. Kalau jual online? ini solusi paling enak..mungkin temen-temen IG aku juga tau banget aku suka jual preloved di IG stories, tapi kadang emang ga sempet motoin produknya bahkan ngirim-ngirimnya yang butuh waktu packing plus shippingnya. 


Shinta (seller), Aliya Amitra (CEO), Samira Shihab (COO), Prita Ghozie (Financial Controller)

Kebetulan banget, April kemarin aku diundang oleh GDP Venture April Edition bareng Tinkerlust. Beberapa kali aku denger Tinkerlust, tapi akhirnya aku bisa tau detail mengenai Tinkerlust di acara ini. Terkait dengan problem aku di atas, Tinkerlust ini juga menyediakan solusi yang menurut aku pas banget.


Apa itu Tinkerlust ?


Tinkerlust merupakan suatu web yang memberikan akses bagi kita untuk menjual dan membeli fashion dan makeup preloved. Semua produk yang ada di Tinkerlust akan melalui proses kurasi Tim sehingga hanya produk preloved berkualitas yang dijual disini. Menurut pengalaman Mba Shinta (seller Tinkerlust) yang juga turut hadir di acara Power lunch kemarin, Tinkerlust sangat detail dalam mengkurasi produk yang akan dijual. Sampai kalau ada cacat sedikit seperti bolong pada baju, Tinkerlust akan mengembalikan Item tersebut pada ownernya. Ini juga berfungsi untuk melindungi seller dan buyer.

Mba Samira Shihab (COO Tinkerlust) juga menjelaskan bahwa servis yang disediakan oleh Tinkerlust sangat lengkap. Mulai dari Kurasi barang yang akan dijual, foto, memasukkan item ke website, menyediakan customer service sampai dengan shipping. 


Keuntungan menjual dan membeli barang preloved apa sih? 

Kalau yang satu ini aku juga mau share penjelasan Mba Aliya Amitra (CEO Tinkerlust), Mba Prita (Financial Controller) dan pengalaman aku pribadi : 

1. Turut berkontribusi untuk Enviroment. 
Eh gimana gimana? menurut Mba Aliya Amitra, dengan menjual dan membeli preloved yang good condition. Kita juga berkontribusi untuk mengurangi limbah fashion di lingkungan dan membuat barang kita lebih panjang umurnya. 

2. Smart Shopping. 
Kita bisa menjual dan membeli produk yang masih good condition dengan harga yang lebih reasonable. 

3. Hidup lebih efisien dan simple
Dengan menjual preloved, kita juga bisa menyeleksi mana item yang jarang kita gunakan tapi justru malah lebih bermanfaat bagi orang lain. Kalau di aku pribadi, aku jadi lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan aku. Ga jadi hoarder dan semakin punya pertimbangan saat membeli barang. 

4. Efektivitas financial bagi wanita
Menurut Mba Prita, ada baiknya ketika kita mau beli suatu barang. Ada juga barang yang keluar untuk dijual. Selain efektivitas space, uang yang kita hasilkan dari menjual preloved bisa kita putar untuk membeli barang yang kita inginkan tanpa ganggu isi rekening hihi. Gak lupa juga kita harus memisahkan rekening yang digunakan untuk belanja dan juga untuk saving.

Pengalaman berbelanja Preloved di Tinkerlust!

Beberapa hari setelah acara Power Lunch with Tinkerlust, aku mulai buka-buka webnya untuk cobain belanja preloved. Selama ini, aku selalu jual preloved. Pengen juga gitu cobain belanja preloved.. Apalagi kan di Tinkerlust udah pasti kita bisa make sure kondisi barang yang kita mau beli.


yang aku suka dari Tinkerlust, bener-bener semua fotonya detail dari berbagai sudut.. Sampai product descriptionnya pun jelas. Disini bukan hanya ada high end brand, tapi juga ada local brand seperti PVRA, Cotton Ink, dan makeup lokal juga. 



Puas liat liat sana sini, akhirnya aku mutusin beli dua item ini di Tinkerlust. Nah ternyata pas shipping, barang yang datang terpisah. Aku sempet tanya sih ke pihak Customer Service Tinkerlust, hal ini dikarenakan kedua item ini berbeda lokasi gudangnya. Jadi pengirimannya pun dua kali.. trus gimana bayar shippingnya dua kali? gak kok tetep satu kali aja :D



Nah ini pas barang aku sampe, aku PUAS banget sama barang yang aku dapetin. Tas Next Silver Satchel aku masih good condition banget dan Pasport Wallet Roxynya masih brand new ternyata. Packaging pengirimannya pun rapih, untuk tas aku..aku dapetin dust bagnya juga :)




Ngerasa puas sebagai buyer, next aku mau coba jadi seller jualan makeup di Tinkerlust. Supaya lebih efektif penjualannya dan juga lebih bisa diliat oleh banyak orang di web Tinkerlust :D 


Semoga bermanfaat,
xoxo


Iva Asih







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design