6 Apr 2016

Cara merawat rambut yang sering diwarnai


Siapa disini yang hobi ngewarnai rambut? *ngacung* sampai saat ini aku udah gatau berapa kali jumlah aku cat rambut ini, ga terhitung haha awalnya rambut aku baik baik aja *fyi : jenis rambutku tuh yang lemes banget gitu* tapi makin kesini, masalah rambut makin keliatan. Rambutku kering bagian bawahnya, bercabang juga tapi bagian akar dan kulit kepala gampang banget lepek, aku yakin hampir sebagian besar yg suka colouring masalahnya mirip begini. Akhirnya aku trial dan error cari treatment yang cocok untuk rambut aku. Home treatment ya, karena aku ga gitu suka ke salon... aku lebih suka Me Time di rumah sendiri. Selain hemat, lebih private dan rasanya lebih mengapresiasi diri sendiri aja gitu dengan ngerawat diri pake tangan sendiri hehe. 

Setelah beberapa kali coba ini itu, akhirnya rambut aku mulai membaik dengan beberapa treatment ini : 

1. Shampoo non silicone
Dulu aku pake shampoo Dove, suka banget sih hasilnya bikin lembut kaya rambut bayi. Tapiiii..makin kesini makin lepek karena problem rambut aku yg udah aku jabarin di atas. Akhirnya aku coba cari info buat shampoo kulit kepala berminyak. Usut punya usut, shampoo yang bikin halus rambut itu adalah shampoo yang mengandung silicone..jadi solusinya aku harus cari shampoo yang non silicone. Ketemulah sama Pantene Pure Aqua, pake ini bagus banget sih kulit kepalanya jd ga selepek dulu..tapi rambut eike kusut mak kalau skip conditioner. 

2. Conditioner before shampoo
Dulu aku pake conditioner sesudah shampoo, emang jadinya halus banget..tapi residu conditioner ini ternyata yang mbikin lepek. Jadi sekarang aku siasatin pake conditioner sebelum keramas, supaya sisa-sisa produknya juga ikut keangkut sama Shampoo pas dibilas. Rasanya tetep halus kok~ Aku pake 3 minutes miraclenya pantene, yg hair fall..karena lagi rontok juga gara gara manjangin rambut. Ini conditioner terenak yang pernah kucoba..wanginya moodbooosttteeer banget dan bikin halus rambut. LUV!

Oiya kalau problem rambut kamu sama kaya aku, pakein condinya di bagian tengah ke bawah ujung rambut aja ya :)

3. Hair Mask di ujung batang rambut
Selain makein condi 2 hari sekali, aku juga rutin pake Hair Mask setiap 2x sebulan. Balik lagi karena aku ga gitu suka nyalon, jadi aku beli hair mask yang biasa dipake di salon..belinya di Mayestik. Aku pake yang Makarizo Hair Spa Repair Treatment..harganya 70.000 ajah hehe karena ga punya steamer, aku pake handuk hangat deh setelah rambut bagian ujungnya udah dikasihin masker. Pakenya sama kaya condi yaa..di bagian tengah sampe ke ujung aja supaya ga kering di ujungnya~

4. Hair Oil 
Ada kalanya udah dipakein conditioner, rambut masih susah diatur..Kalau udah begini, hair oil obatnya banget deh. Aku pake yg dari Loreal..tapi ini sekarang susah banget carinya sis~ ada yang tau ga sih belinya dimana? udah cari di carefour sama watson, guardian gitu gitu ga ketemu -_- Pake hair oil ini abis keramas dan sebelum dikeringin, aku pake di tengah mengarah ke ujung rambut. Abis dikeringin rasanya lebih smooth dan shiny~ bagian ujungnya juga ga kaku. cucok! 

5. Lemon Mask



Si buah ini memang berjuta manfaatnya. Selain diminum, aku juga suka ngolesin lemon ke kulit aku yang lagi bruntusan di dahi. Akhir-akhir ini, aku juga coba pakein 1-2 irisan lemon ke kulit kepala..rasanya lebih terkontrol aja lepeknya. Aku biasanya maskeran pake lemon seminggu sekali. Soalnya anaknya pelit, lemon kan mahal~ kalau seringsering saya bangkrut bahahaha 

6. Jangan pernah tertidur dengan rambut basah!! 
INI NIHHH! kalau udah cape bangettt, dulu aku sering banget banget tidur dengan rambut basah. Bukan cuman jadi lepek, tapi malah jadi kusut juga. Pas baca-baca dari berbagai info, kulit kepala yang lembab itu memicu kadar minyak di kulit yang berlebihan. Selain itu bahaya juga buat kesehatan kulit kepala. 

Jadi kurang lebih, begitulah tips aku buat ngerawat rambut yang sering di colouring. Alhamdulilllahhhhh makin kesini keadaan rambut dan kulit kepala aku makin membaik.. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat yaa :) 


see you on my next post!
xoxo, 



Iva Asih


9 komentar:

  1. Cobain masker rambutnya Matrix yang Biolage,Va.. Itu bikin lembutnya passss. Nggak bikin rambut lunglai :))

    Yang lemon kayake perlu dicoba. Pakek jeruk purut aja pa ya? Sing murah *pelit*

    BalasHapus
    Balasan
    1. BOLEH BANGET DEH MON LU PINTER HAHAHHAHAAH hemat yaaak.

      eh matrix kayanya leh ugak, cobain ahhh nnt kalau ini abis wkwkw

      Hapus
  2. aku pernah pake Makarizonya dan ga ngefek :( btw aku baru tau kalo lemon bisa buat masker kepala hahaha

    doremieyes.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ngefek? makenya rutin ga? hair spa kan emang ga bisa sekali langsung boom hasilnya.

      bisa lah sis, cari info di internet juga banyak khasiat lemon buat kulit kepala :)))

      Hapus
  3. Seru banget perawatan pake Lemon asli, bener - bener pengen coba. Tapi kira - kira perih ngga ya di kulit kepala?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada jerawat / luka di kulit kepala baru perih sih kak, tp kalau ga ada apa2 baik2 aja :)

      Hapus
  4. sama tuhh shampoo eike juga pure aqua emang jadi kusut sih tp tak apalah toh ada conditioner. eniwei soal conditioner before shampoo, eike pernah nyobain ini gegara nemu di pinterest, eh tp malah ketombean dong. padahal makenya jg dari tengah ke ujung, aneh :(


    https://elisamonic.wordpress.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa gitu ya? pdhl secara logikanya kan kalau shampoo dan pembilasan sesudahnya itu ngebersihin segala residu dari produk yang udah dipake :) mungkin pas lagi salah shampoo kah? aku sm beberapa temenku ada yg nyoba cara gitu overall baik2 aja sih hehe.

      apalagi make condinya dari tengah ke ujung, kan ga kena kulit kepala.. sedangkan ketombe kan dari kulit kepala hoho.

      Hapus
  5. aku baru tau pantene ga ada silicone nya ya *segera meluncur. kalau hair mask aku pake yang l'oreal biru, ditambah serum nya dari biolace, soalnya rambut rontok abis

    BalasHapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design