Review d’Alba Spray Serum Korea di kulit kering

24 Sep 2020

Aku selalu salut dengan dedikasi orang korea dalam merawat kulit. Jujur aku baru 3 tahun ke belakang ini fokus explore berbagai macam ingredients skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Bisa dibilang banyak banget trial errornya tapi kulit aku dibanding 3 tahun lalu jauh kelihatan perbedaannya. Untuk saat ini aku lagi banyak explore produk lokal dan korea. Karena kebetulan wajah aku cenderung kering tipenya, jadi banyak produk korea yang cocok di kulit normal to dry aku. Goals aku pengen banget punya chok chok skin yang lembap, plump dan bouncy.


Selama 2 minggu ini aku lagi cobain skincare asal korea dari brand d’Alba. Pertama kali aku liat brand ini yaitu dari sokoglam. Produk yang aku coba kali ini adalah d’Alba White Truffle First Spray Serum. Konsep produk ini cukup menarik dari segi ingredients dan teksturnya, semuanya akan aku bahas lebih banyak di bawah ya. Oh iya, d’Alba Spray serum ini di Korea sudah terjual lebih dari 5 juta botol dan sekarang sudah masuk ke pasar Indonesia. 



Packaging




d’Alba serum spray ini punya konsep yang menarik yaitu bi-phase serum spray. Jadi ada dua lapisan yaitu water dan oil. Formulasi ini terbagi menjadi dua lapisan karena produk ini tidak mengandung surfaktan/pelarut. Jadi cara menggunakannya adalah dengan mengocok produk ini sampai 3-4 kali terlebih dulu sebelum kita spray ke seluruh permukaan kulit. 

 

Produk d’Alba spray serum ada di dalam botol plastik transparan doff yang cukup tebal dengan aksen gold. Sesuai dengan ingredients yang terkandung di dalamnya yaitu premium white truffle. Produk ini menurut aku terlihat cukup eksklusif dan cantik dengan kombinasi warna dan design packaging yang simple. Di bagian bawah botol juga tertulis MFG (Manufactured date) dan Expired date. Jadi kalaupun boxnya sudah hilang, informasi ini masih akan tetap terpampang jelas di packagingnya.

 



Setiap ketemu botol spray, hal yang jadi concern terbesar aku adalah nozzle spraynya. Dan untuk butiran spray serum d’Alba ini ternyata bener-bener halus dan menyebar sangat merata ke seluruh permukaan kulit. Ga bikin kulit yang jadi becek atau over oily saat kita semprotin. Aku biasanya pake Teknik spraying X (menyilang) dan T ke area t-zone. Kalau lagi butuh instant hidrasi, aku juga sering aplikasikan ke area tubuh yang kering saat di ruangan AC.




(setelah dikocok dan lapisannya menyatu)

 

Ingredients

WATER, DIPROPYLENE GLYCOL, NEOPENTYL GLYCOL DIHEPTANOATE, 1,2-HEXANEDIOL, NIACINAMIDE, SORBITOL, HYDROXYETHYL UREA, PERSEA GRATISSIMA (AVOCADO) OIL, SALVIA HISPANICA SEED EXTRACT, OCIMUM BASILICUM (BASIL) FLOWER/LEAF/STEM EXTRACT, BETAINE, AVENA SATIVA (OAT) KERNEL EXTRACT, BUTYLENE GLYCOL, TUBER MAGNATUM EXTRACT, GLYCERIN, FRAGRANCE, HELIANTHUS ANNUUS (SUNFLOWER) SEED OIL, VEGETABLE OIL, TOCOPHERYL ACETATE, DISODIUM EDTA, DIPOTASSIUM GLYCYRRHIZATE, ADENOSINE, SODIUM PALMITOYL PROLINE, BIFIDA FERMENT LYSATE, NYMPHAEA ALBA FLOWER EXTRACT, SODIUM HYALURONATE, ALCOHOL, GLYCINE SOJA (SOYBEAN) OIL, VERONICA OFFICINALIS EXTRACT, PRIMULA VERIS EXTRACT, MENTHA PIPERITA (PEPPERMINT) LEAF EXTRACT, MELISSA OFFICINALIS LEAF EXTRACT, MALVA SYLVESTRIS (MALLOW) EXTRACT, ALCHEMILLA VULGARIS EXTRACT, ACHILLEA MILLEFOLIUM EXTRACT, SAUSSUREA INVOLUCRATA EXTRACT, PANAX GINSENG ROOT EXTRACT, NELUMBO NUCIFERA FLOWER EXTRACT, MORUS ALBA BARK EXTRACT, LILIUM CANDIDUM FLOWER EXTRACT, LEONTOPODIUM ALPINUM EXTRACT, HOUTTUYNIA CORDATA EXTRACT, FREESIA REFRACTA EXTRACT, CARBOMER, BELLIS PERENNIS (DAISY) FLOWER EXTRACT, ARGININE, POTASSIUM SORBATE, BIXA ORELLANA SEED EXTRACT, SODIUM HYDROXIDE, TOCOPHEROL


Produk ini ga mengandung mineral oil, paraben, alcohol ataupun pewarna. Jadi bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Kandungan white truffle yang ada di dalam serum spray d’Alba punya manfaat untuk memperbaharui sel kulit dan mencerahkan. Dan bagi pemilik kulit kering seperti aku, kandungan avocado oil juga dapat memberikan kelembapan ekstra.


Kandungan white truffle pada skincare termasuk baru bagi aku. White truffle yang ada pada formulasi d’Alba spray serum ini berasal dari Itali. Hasil dari membaca beberapa sumber, white truffle ternyata punya banyak manfaat untuk anti aging. Cocok buat aku yang memang saat ini lagi explore anti aging skincare dengan resiko iritasi yang minim untuk preparing kulit ke active ingredients yang lebih kuat. White truffle punya kandungan vitamin C yang tinggi untuk mencerahkan kulit dan juga Vitamin B3 & B6 yang memiliki benefit untuk menenangkan kulit yang meradang.


d’Alba spray serum bisa dipakai kapan saja?

Jadi setelah baca-baca dan trial beberapa minggu ini. Aku pake produk ini dengan beberapa cara :

1. Sebagai hydrating mist

Aku pakai kapanpun aku butuhkan. Biasanya sebagai hydrating mist di siang hari saat beraktivitas di ruangan AC. Sebagai pemilik kulit kering, spray seperti ini sangat membantu untuk memberikan hidrasi yang instant. Aku juga aplikasikan ke area tubuh yang kering.

2. Sebelum serum dan sesudah moisturizer

Untuk slot skincare, aku gunakan setelah hydrating toner dan sebelum serum. Biasanya pada malam hari aku juga gunakan untuk mengunci moisturizer di tahapan terakhir.

3. Mempersingkat skincare routine

Karena aku tipe yang mager untuk aplikasi banyak step di pagi hari. Aku suka aplikasikan produk ini setelah cuci muka lalu aku lanjutkan dengan sunscreen.

4. Makeup Finishing spray 



Seringkali setelah menggunakan powder, aku ngerasa complexion aku terlalu powdery dan kering. Jadi aku suka tambahkan d'Alba spray serum di akhir makeup. Glownya subtle, ga becek dan complexion jadi lebih ngeblend di kulit.


Setelah 2 minggu menggunakan d’Alba  

Kalau dilihat dari ingredients list, ada beberapa oil di dalam serum spray ini. Jujur aku sempet khawatir produk ini bakalan berat banget di kulit aku. Walaupun kulit aku kering, beberapa oil yang aku coba “ditolak” mentah-mentah sama kulit aku. Kadang malah clogging (menyumbat pori) dan menimbulkan banyak whitehead. 


Setelah 2 minggu ini aku bisa bilang produk ini aman di kulit aku. Ga terasa berat, ga bikin kulit sumuk, super ringan dan tetap melembapkan. Alhamdulillah kulit aku nerima produk ini dengan sangat baik. Walaupun banyak oilnya, formulasi d’Alba serum spray ini bener-bener bagus dan ga clogging di kulit aku. Padahal aku pake ini sering banget dan bener-bener ga santai nyemprotnya haha.


d’Alba serum spray masih punya fragrance, tapi subtle banget dan nyaman di hidung. Jadi pas kita semprotin ga nyegrak. Wanginya pun enak! Tipe yang clean dan soft kaya baby powder. Jujur nagih banget~


Untuk efek anti aging dan mencerahkannya sendiri, aku belum bisa melihat secara signifikan. Mungkin juga karena aku baru pake 2 minggu. Dan efek ini sebetulnya juga banyak dipengaruhin faktor lain. Tapi efek yang bener-bener aku rasakan adalah kulit jadi kenyal, halus dan lebih glowing. 


Secara keseluruhan, produk d’Alba serum spray ini, konsepnya menarik dan cocok buat pemilik kulit kering seperti aku yang ga suka step skincare ribet tapi maunya tetep ngefek. Serum spray dengan 100ml ini dibandrol dengan harga 200ribuan, cukup worth dengan ingredients premium dan fomulasi yang bagus. 




3 komentar

  1. Mistnya fine banget, ga kebayang segernya sih <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt! packagingnya mistnya juaraa 💯💯 sih ini hihi

      Hapus
  2. Nyari review D'Albaba eh ketemunya reviewnya Iva disini :)
    Packagingnya cantiiik ya. keliatan lux bangeet.
    Makasih reviewnya Ivaa..

    BalasHapus