YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM MENCARI REVIEW PRODUK

1 Sep 2020

Tahun 2013 aku bikin blog ini dengan alasan ngerasa terbantu banget dengan review kecantikan yang ada di beauty blog. Apalagi saat itu sebagai mahasiswa yang lagi doyan centil-centilan tapi budget sangat ketat, review di blog ngebantu aku untuk jadi smart buyer.. membeli produk yang tepat dengan kebutuhan aku. 

7 Tahun berlalu dan sekarang banyak banget produk yang launching di setiap bulannya. Banyak juga review yang update dengan pertambahan produk yang launching. Tapi review tentunya bukan sekedar "meracun". Review adalah sarana bagaimana temen-temen mendapatkan gambaran secara detail mengenai produk tersebut bekerja. 



Sering banget juga menemukan pertanyaan yang sangat luas seperti "lipstick yang bagus apa?" atau "skincare yang bagus untuk kulit berminyak apa?". Yang sebenernya kita sebagai kang riviuw pun ga 100% paham kondisi kulit dan selera temen-temen. Jadi untuk memudahkan temen-temen yang lagi cari informasi, aku mau share beberapa poin dalam mencari review yang efektif. 

inga! tidak semua produk yang launching dan menggiurkan harus masuk ke dalam wishlist ya~ jangan laper mata! cukup beli yang kira-kira akan bekerja efektif sesuai kebutuhan. 


💛 Kenali jenis kulit, preferensi dan budget yang sesuai dengan kebutuhan kita.

- untuk skincare : 
wajib sekali paham mengenai skin type dan skin concern. Skin type adalah jenis kulit kita (berminyak, kering atau kombinasi) dan skin concern lebih ke permasalahan kulit. Perlu juga dicatat jika ada kandungan yang bereaksi negatif ataupun kandungan yang cocok dengan kita. Ini akan memudahkahkan kita dalam menyaring produk yang sesuai. 

- untuk makeup : 
skintone, undertone, tekstur, finish makeup ga kalah pentingnya. Cek preferensi kita lebih seperti apa, misal aku lebih suka makeup yang light, glowing dan ringan. Aku kurang cocok dengan makeup yang sangat matte karena kulit aku kering. Preferensi aku dan kamu bisa jadi berbeda. 

- budget : setiap orang pasti punya alokasi budget yang berbeda untuk kebutuhan beauty. Semuanya kembali lagi ke skala prioritas ya bund! 

💛 Cari review dengan karakteristik yang terdekat dengan kita

udah bikin list semua poin sebelumnya, tinggal kita cari review yang terdekat dengan karakteristik jenis kulit dan preferensi kita. Biasanya temen-temen reviewer akan mencantumkan detail ini di platformnya. Kalau untuk makeup, selera sangat berperan penting dengan produk yang direview. Jangan bingung kalau misalnya si A bilang produk X kurang bagus sedangkan si B bilang produk X bagus. Karena semua balik lagi ke poin nomer 1.

💛 Produk apapun pasti ada plus minusnya!

Deep review biasanya akan menjelaskan dengan detail mengenai plus minus suatu produk. Tips dari aku sebelum beli produk adalah baca dulu beberapa review dan breakdown kekurangan dan kelebihan produk tersebut. Worth to try or no? akan lebih enak lagi sebetulnya jika kita bisa liat produknya secara offline, tapi untuk saat ini kan belum kondusif ya. Jadi cara ini bisa dicoba!

Intinya sih~

Review produk beauty memang sangat personal, tapi yang ga kalah penting adalah kita harus tau spesifik kebutuhan kita seperti apa.. kalau kita udah tau mau yang kaya gimana, ke depannya akan lebih mudah menyaring informasi dan lebih selektif lagi 😙

Posting Komentar