REVIEW BLP FACE BASE DI KULIT KERING - W20

14 Jul 2020

Aku termasuk orang yang kemarin mikir, yah kok produk lokal ngeluarinnya gincu lagi gincu lagi? Hamdallah di tahun ini banyak banget produk lokal yang mulai explore ke complexion juga. Jadi bagi temen-temen yang kurang sreg dan ngerasa kurang mantep menggunakan cushion. Temen-temen bisa punya opsi lebih banyak sekarang. 

Di post kali ini aku mau bahas BLP Beauty Face Base yang kemarin lagi rame banget diobrolin di timeline social media kita~ jujur aku termasuk agak lama untuk ngereview ini, karena aku ngerasa produk complexion agak sulit untuk direview dalam waktu cepat. Aku butuh beberapa kali penggunaan untuk menyimpulkan hasil dan daya tahannya di kulit. 

BLP BEAUTY 
FACE BASE W20
IDR 189.000



PACKAGING

BLP Complexion hadir dengan dua produk baru yaitu blp face base dan face concealer. Aku hanya beli yang face basenya, karena kebetulan aku jarang banget pake concealer. Untuk packagingnya ada di dalam frosted glass slim bottle foundation dengan nuansa putih dan transparan khas BLP. Sekilas mirip dengan foundationnya fenty beauty ya? aku pun awalnya mikir begitu, sampai ngeliat Lizzie Parra cerita bahwa packagingnya ini masih satu rangkaian dengan packaging produk BLP lainnya seperti lip cream. Dan memang semua produknya punya packaging transparan dengan tutup putih. 



Packaging BLP face base ini menurutku cukup sleek untuk ditaruh di dalam pouch makeup ataupun disimpan di vanity, ga makan tempat karena botolnya pun slim dan ga berat. Pump dari packagingnya bekerja dengan baik, sempet khawatir bakal "ngecrit" kemana-mana saat dipump karena tekstur foundationnya agak cair. Ternyata enggak! Walaupun agak PR bagi aku si manusia yg agak clean freak ini wkwk kalau foundationnya nyisa di mulut pump keliatan agak kotor karena pumpnya putih dan harus sering sering dielap.

PILIHAN SHADE / WARNA


Ada 5 pilihan warna dari BLP Face Base dengan undertone yang bervariasi. Aku sendiri pakai yang W20 atau Warm Beige. Dari kelima warna tersebut, warna yang available mentok di medium/sawo matang. Apakah cukup untuk kulit wanita di Indonesia?  sayangnya belum :'). Mungkin hal ini sudah diwakilkan oleh temen-temen blogger/youtuber lainnya mengenai terbatasnya pilihan shades di foundation brand lokal dan sudah tersampaikan ke pihak brand.

Sebetulnya dari sisi customer, banyak banget yang berekspektasi complexion brand lokal dengan shades yang lebih inclusive karena Indonesia punya skintone yang sangat bervariasi. Paham banget teman-teman aku yang punya skintone lebih deep harus PO produk luar untuk dapet shadenya dan ga semua orang bisa afford adjustment product tambahan lagi untuk dapetin satu warna yang sesuai dengan skintonenya.

Dari sisi brand, aku juga paham bahwa pertimbangan untuk membuat produk itu ga mudah. Bisa dibilang banyak banget! Salah satunya adalah minimal order quantity produk yang mungkin ga bisa secara langsung di afford oleh brand yang masih merintis dan belum memiliki pabrik sendiri sehingga development product pun terbatas. Tapi ketika mereka menyebutkan ada rencana penambahan shades, mari kita berdoa semoga dilancarkan prosesnya untuk segera direalisasikan, AAMIIIIN yang kenceng~ 




PERFORMANCE


Claim : lightweight, semi matte, light to medium coverage.

Coverage test, aku set dengan pressed powder light coverage menggunakan brush
Cukup happy dengan pilihan warna yang aku beli, so far cocok banget dengan warna kulit aku termasuk dari undertonenya. Karena pas produk ini keluar keadaan di Jakarta masih PSBB, jadi aku agak khawatir beli produk complexion secara online. Surprisingly pas sama skintone aku. 

Tekstur foundation ini termasuk yang sangat cair dan runny, awalnya aku ga ada ekspektasi kalau produk ini buildable to medium coverage. Pengalaman aku dengan produk yang teksturnya cair seperti ini biasanya coveragenya light sekali. Ternyata coveragenya cukup lumayan, mengingat feelnya pun lightweight sekali dan hasilnya seperti my skin but better. Aku ga expect kalau freckless aku bisa cukup tersamarkan dengan 2 kali layer tanpa tambahan concealer. Jadi menurut aku cukup oke coveragenya untuk menyamarkan (bukan menutup) noda noda yang tidak terlalu berat. 



Aplikator terbaik menurut aku tetep sponge lembab untuk tekstur foundation yang runny. Selain itu menggunakan buffing brush atau kabuki yang padat juga ada kecenderungan untuk bikin finishnya jadi lebih streaky dan keliatan kurang menempel. Menggunakan damp sponge juga bikin foundationnya keliatan lebih radiant finish. Dan menurut aku pun produk ini dry downnya ke radiant finish bukan ke semi matte seperti claimnya. Suka sih terlihat jadi lebih natural di kulit aku dan yang aku suka foundation ini semacam punya smooth /blurring effect di wajah.

Problem aku saat menggunakan foundation adalah patchy dan mudah crack di area dry patches, nah gimana nih doi di dry patches akoh? Hamdallah AMAN! bisa dilihat dari foto di atas setelah pengaplikasian pun keliatan smooth di area cuping hidung, ga patchy ataupun susah nempel. Oh iya..Ngomongin soal Daya tahan, sejujurnya agak sulit untuk bener-bener ngetes daya tahan produk complexion sekarang-sekarang ini haha karena pasti ketika pake masker sudah pasti bakal transfer kemana-mana. Dan iya ini tipe yang masih banget transfer karena produknya pun ringan dan ga matte di wajah. 

Tapi so far setelah 5 jam lebih penggunaan, dia ga oksidasi ataupun nangkring di dry patches belang bentong walaupun aku pake masker seharian keliling ikea & informa. Ada area di daerah hidung yang mulai fading dan mulai nampak kemerahan wajah aku, tapi masih wajar karena pastinya kegesek-gesek masker. Sayangnya untuk produk ini oil controlnya menurut aku masih kurang, karena di atas 2-3 jam wajah aku mulai oily. Secara tampilan ga mengganggu sih, malah aku lebih suka saat dia mulai oily dan makin nyatu dengan wajah *ya namanya juga sobat dry skin* hahaha. Untuk temen-temen yang oily skin jangan lupa cek juga review temen-temen yang tipe kulitnya oily ya.





Kalau ditanya suka atau enggak sama produk ini? suka! finishnya pun tipe yang aku banget dan secara harga masih cukup affordable setara foundation/base makeup lokal lainnya. Semoga BLP Beauty dilancarkan untuk penambahan shades lainnya ya supaya temen-temen bisa lebih banyak yang cobain :) 

5 komentar

  1. Aku juga suka banget sama foundie ini! Ringan hampir nggak berasa kayak pakai foundation :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah cocok banget buat daily di saat-saat kaya gini yang butuh ringan ringan sajaaa hihi

      Hapus
  2. Yay, kamu udah review, aku juga mau bahas foundie ini ah. Kalau aku personally kurang suka finishnya. emang ga high coverage, tapi gimana ya kurang cocok aja rasanya sama ekspektasiku. hehe. Tapi tetep komit mau ngabisi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bund ayo review aku mau baca juga versi kamu haha

      Hapus
  3. Howooo akhirnya review foundie ini release. Aku juga ah mau share versiku hehe. Kalo buatku foundie ini agak kurang karena cepet ilang gitu rasanya. Mungkin saking lightweightnya ya

    BalasHapus