12 Jun 2020

REVIEW WARDAH LIGHTENING FOUNDATION & CONCEALER

Tahun 2020 ini sepertinya foundation dengan hasil yang skin finish dan ringan mulai diminati kembali oleh para beauty enthusiast. Kebetulan aku sendiri memang suka banget dengan tipe complexion seperti ini karena bikin wajah kelihatan sehat dan ga berat untuk pemakaian sehari-hari. Yang pasti terasa lebih pas dengan kebutuhan kulit normal to dry aku.

Salah satu produk yang akan aku bahas di post kali ini yaitu produk terbaru dari Wardah lightening foundation dan concealer. Kedua produk ini lagi rame banget! jujur aku beli karena kepo dengan kualitas complexion wardah kesininya. Aku termasuk yang cocok dengan wardah exclusive cushion, jadi ada ekspektasi kalau produk terbaru ini bisa masuk ke selera complexion aku.




WARDAH LIGHTENING 

LIQUID FOUNDATION : IDR 49.000 (official price)
LIQUID CONCEALER : IDR 30-40K


PACKAGING 


Packaging liquid foundation ini hadir dalam botol squeeze tube plastik dengan nuansa beige. Banyak banget yang mengacu pada warna packagingnya untuk acuan warna shade yang ada di dalamnya. Yang menurut aku ga 100% mirip warna packaging dengan warna foundationnya. Jadi kalau ada temen-temen yang mau beli..coba liat beberapa review temen-temen blogger lainnya juga supaya bisa lebih akurat pemilihan warnanya. Untuk harga under 50k, aku ga ada masalah sama sekali dengan pemilihan material packaging atau sizenya. Menurut aku pas dan oke buat masuk ke dalam pouch. 


Salah satu bagian yang aku suka banget dari packaging wardah lightening foundation adalah ujung tubenya yang pointy seperti ini. Jadi bisa ngontrol keluarnya produk dengan sangat efektif~ cocok untuk produk yang liquid yang teksturnya agak sedikit runny.



untuk concealernya sendiri menurut aku standard packaging concealer pada umumnya dengan doe foot applicator, cukup berfungsi dengan baik dengan formulanya. Sizenya pun pas untuk aplikasi concealer di bawah mata. Sayangnya untuk packagingnya sendiri minim banget informasi tentang produknya. 


PILIHAN WARNA, FORMULA & PERFORMANCE


Ada 4 shades dari foundation Wardah Lightening dan 2 shades dari concealernya. Aku sendiri termasuk yang lama banget pilih foundationnya..karena 01 cukup terang dan kurang warm di aku. Sedangkan 02 terlihat lebih gelap dari 03, jadi aku pilih 03 ivory. Ivory ini sejujurnya terlihat sangat kuning ketika dikeluarkan dari Tubenya, tapi alhamdulillah masih masuk dengan skintone aku ketika aku blend menggunakan sponge. Kalau concealernya sendiri ku cuma berharap ada penambahan warna dengan undertone yang  lebih beragam, karena untuk existing shadenya hanya ada 2 shades. Aku pilih yang 01 karena 02 agak sedikit kegelapan di aku.

BTW! Aku paham banget proses develop produk complexion itu tergolong sulit, semoga ke depannya Wardah bisa lebih memperluas shade yang lebih deep juga, supaya temen-temen di seluruh Indonesia makin banyak yang bisa ikutan cobain 💕 



FOUNDATION
"Liquid foundation dengan natural matte finish yang terasa ringan dan natural saat digunakan, tahan 12 jam dan memiliki oil absorber untuk menyerap minyak secara optimal. Mengandung SPF 30 PA+++, Vitamin E dan non comedogenic"

Formula wardah lightening ini termasuk foundation yang cukup cair dan agak runny teksturnya. Tapi formulanya cukup mudah dibaurkan dan poin plusnya ga ada wewangian yang mengganggu hidung. Ketika di tap-tap blend ke seluruh permukaan kulit akan set menjadi satin finish. Karena ada SPF 30 PA+++ aku ngerasa foundation ini masih banget ngasih flashback di kamera, jadi menurut aku kurang photo friendly dengan flash/ cahaya yang agak ekstra.

Kalau di claimnya disebutkan tentang natural matte finish, jujur menurut aku masih tidak matte yaa. Malah menurut aku ini tipe yang "my skin but better" dan shade ini semakin lama super klop dengan kulit. Ga keliatan berat dan memang terasa lighweight saat digunakan. Coveragenya sendiri menurut aku masih sheer, jadi memang cocoknya untuk pemakaian sehari-hari. Dari foto di atas masih kelihatan kemerahan bekas jerawat aku di area dagu. 



CONCEALER

"concealer dengan medium-to-high coverage untuk menutupi noda hitam dan bekas jerawatdi wajah. Formula ringan dan nyaman untuk digunakan sehari-hari, dan tahan lama hingga 12 jam"


Aku cukup amazed dengan concealer dari wardah lightening. Berbeda dengan foundationnya, tekstur concealernya super creamy dan punya coverage medium to full! tapi sayang banget opsi shadenya hanya 2 warna. Walaupun creamy dan high coverage, formulanya masih sangat mudah dibaurkan. Untuk warna yang aku pilih adalah 01 dan agak keterangan, kalau concealer aku sendiri masih OK dengan shade yang agak terang.. supaya bisa multifungsi jadi highlight. Oh iya! kalau temen-temen liat, setelah aku pake concealer ini..kemerahan dan bekas jerawat yang agak berat langsung tercover. Mantap!



Setelah aku set dengan loose powder


Aku jarang banget wear test concealer tanpa foundation, jadi review performa keduanya ini akan aku gabung bersamaan di post ini. Claim dari produk ini adalah tahan lama hingga 12 jam, sejujurnya aku ga pernah pake produk makeup sampai 12 jam apalagi dalam keadaan kaya gini dan maskeran kemana-mana. Jadi aku tes ini kurang lebih 6 jam pemakaian. 

Dari seluruh complexion wardah yang aku coba, aku selalu punya masalah di daya tahan produknya. Lalu terjadi juga ga ya dengan produk ini? Sayangnya iya! Produk ini cukup transfer ketika aku keringetan atau kulit mulai oily. Tapi walaupun kulit sudah mulai oily, feel complexion aku masih terasa ringan. Ketika mulai transfer dan hilang perlahan, tampilannya ga tiba-tiba jadi belang kok haha tipenya yang berkurang intensitas dan coveragenya. Jadi beberapa area yang ada PIH (bekas jerawat) dan kemerahan mulai kembali terlihat. Plus poinnya adalah ketika intensitas produknya mulai turun dan transfer, alhamdulillah dia ga accentuate dry patches aku.


Oil controlnya bagaimana? kan ada claim oil absorber di foundationnya?

Sebetulnya sih dari awal aku aplikasikan, aku ngerasa tipe produk ini tidak natural matte dan masih moisturizing. Btw aku sendiri ga masalah karena aku suka loh dengan tipe complexion seperti ini~ tapi sayangnya memang tidak terlalu pas dengan claimnya. Begitu juga dengan oil controlnya, dalam 2-3 jam ke depan di wajah aku yang cenderung normal to dry pun sudah lumayan oily. Tapi sekali di blot, sudah selesai masalahnya. 

So far walaupun daya tahannya menurut aku masih sama dengan complexion wardah yang lain, tapi finish dan feel di kulitnya aku suka banget. Untuk produk dengan harga under 50K boleh banget deh dicobain! Semoga ke depannya wardah bisa lebih memperluas shadenya yaa 💪

View this post on Instagram

Gile udh lama banget ga bikin makeup polosan warna gini 😂 kesering makeup bold bikin aku lupa rasanya haha btw makeup kali ini mau sambil cobain lightening foundation dan concealer @wardahbeauty yg kemarin aku beli. Jujur..Agak shock kemarin warna foundationnya kuning banget eh tapi ternyata masuk di kulit wajah aku 🥺 daya tahan dll akan menyusul diupdatenya ya. Products: 🍑 @wardahbeauty lightening foundation 03 & concealer 01 🍑 @maybelline fit me pressed powder 🍑 juvias palette the warrior 2 🍑 maybelline superstay ink crayon 15 🍑 @joylabbeauty disco lip gloss 🍑 @eminacosmetics marshmallow lady blush 🍑 @iomibeauty face palette 🍑 @gobancosmetics liquid liner #ivabeautyjourney #makeuptutorial #makeupmudah #makeupsimple #indobeautygram #ivgbeauty #makeuptutorialindonesia #wardah #wardahbeauty #wardahlightening #makeupnaturaliva

A post shared by IVA ASIH (@iva_asih) on

1 komentar:

  1. Beautiful eyes, cutie face and also.. flawlesss look five thumbs up deh.
    Kebanyakan shade produk base lokal,akan oxidize atau memang terlalu gelap. Setelah melihat hasilnya di wajah Iva jadi tertarik mencoba.

    BalasHapus

©Iva's Beauty Journey. Peach Love Blogger Theme designed by Sophie's Garden Design