[REVIEW] MAYBELLINE FIT ME! 12H OIL CONTROL POWDER, WAJAH BEBAS KILAP HINGGA 12 JAM?

24 Mar 2020

Aku termasuk salah satu pengguna makeup yang gak bisa kalau gak ngeset seluruh complexion aku menggunakan bedak. Apalagi aku suka banget pake foundation atau base makeup dengan finish dewy, jadi rasanya kaya kurang mantep kalau complexion gak full ngeset dan masih transfer. Nah kali ini aku akan review salah satu bedak padat dari Maybelline yaitu Fit me! 12H Oil Control Powder, claimnya sih matte.. tapi apakah masih cocok dengan kulit yang cenderung normal to dry di U zone dan oily di t-zone?



Sejak rangkaian makeup Fit me launching di Indonesia, Bedak padat Maybelline fit me termasuk di rave banyak sekali beauty enthusiast. Untuk produk terbaru Maybelline Fit me! 12H Oil control powder ini memiliki claim : 

πŸ’™12 H Oil control: mengurangi minyak berlebih hingga 12 jam dengan kandungan micro powder yang menyerap keringat dan minyak berlebih

πŸ’™SPF 28 PA+++ yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari saat beraktivitas seharian.
πŸ’™Inovasi skin fitting pigments yang dapat membuat bedak menyatu dengan kulit secara natural.

Karena tipe kulit aku cenderung normal to dry, jadi ekspektasi aku pada Maybelline FIT ME! 12H Oil Control Powder ini lebih ke bagaimana produk ini bisa menghold seluruh complexion aku dalam waktu yang cukup lama ketika sebelumnya aku menggunakan produk hydrating skincare yang cukup rich dan produk base makeup yang dewy. Terutama saat menggunakan makeup dan berpergian dengan kendaraan umum atau ojek online, udara yang panas dan polusi seringkali membuat complexion jadi melt dan mudah transfer, karena wajah akan menghasilkan natural oil plus oil dari base makeup yang digunakan sebelumnya. 

MAYBELLINE FIT ME!
12H Oil Control Powder 
IDR 75.000
Where to buy : Toko Kosmetik dan Indomaret



PACKAGING

Packaging fit me! 12H Oil control powder hadir di dalam kemasan compact powder bulat yang juga build in dengan kaca dan sponge. Menurut aku cukup sleek dan travel friendly untuk dibawa di dalam tas dan touch up saat berpergian. Satu hal yang aku suka adalah packagingnya punya finish gloss yang ga bikin repot membersihkannya ketika kena noda bedak atau foundation dibandingkan dengan finish packaging yang doff. Apalagi kebanyakan packaging dengan produk matte juga hadir dengan finish packaging yang matte.




Di bagian belakang ada keterangan claim, shade, manufactured date dan expired date. Semua lengkap! Jadi kalau box dari produknya ga sengaja kebuang, semua informasi yang dibutuhkan ada di bagian bawah dari packaging produknya.


Aku dikirimkan 3 dari 6 shade bedak padat Maybelline fit 12H Oil Control powder yaitu 112 Natural Ivory (fair skin with cool undertone), 120 Classic Ivory (fair to medium skin with yellow undertone), dan 128 Warm Nude (medium skintone with yellow undertone). Dari ketiga warna yang ada, yang paling match di aku adalah shade 120.


Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, produk Maybelline Fit Me! 12H oil control powder  sudah datang dengan aplikator sponge. Menurut aku tekstur produknya pun masih bisa banget digunakan dengan sponge bawaannya, tapi kalau teman-teman yang menginginkan hasil lebih natural bisa menggunakan brush dengan Teknik swirl. Kalau aku sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih mengcover, aku lebih suka menggunakan sponge dan ketika touch up baru menggunakan brush. 

TEKSTUR & FINISH


Maybelline fit me! 12 H Oil control powder ini punya tekstur yang sangat light dan tidak terlalu powdery. Karena memang bukan two way cake atau powder foundation, teksturnya pun ga rapuh dan lebih ke mattifying powder. Formula powdernya pun masih sangat aman untuk aku layer di area yang butuh coverage. Bagiku bekerja cukup baik dengan sponge ataupun brush. 





Kulit aku cenderung normal to dry dalam keseharianku dan saat dehidrasi atau menjelang PMS, area t-zone cenderung lebih mudah berminyak. Jadi, aku lebih suka menggunakan bedak padat ini sebagai setting powder setelah foundation dan walaupun hasilnya matte tapi masih sangat aman di kulit aku. Yang aku suka, produk ini juga tidak menonjolkan area wajahku yang kering. Finishnya pun smooth dan blurring effectnya cukup baik. 

Dari segi coveragenya sendiri menurut aku sheer to medium, masih bisa banget di build beberapa kali dengan menggunakan aplikator sponge. Tapi perlu diingat juga bahwa coverage bisa sangat dipengaruhi dari base makeup yang digunakan sebelumnya. So far ketika di layer, hasilnya ga cakey. Aku cukup impressed dengan hasilnya karena aku termasuk jarang banget pake complexion matte sejak kulit aku kering. Happy masih ada complexion dengan finish matte yang cocok di kulit aku. 

PERFORMANCE





Jadi setelah beberapa kali penggunaan produk ini, yang aku rasakan adalah produk ini cukup bisa mempertahankan riasan wajah dan dekoratif makeup yang ada di atas complexion dalam jangka waktu lama. Di atas aku juga dokumentasikan wajah aku setelah 3 jam pemakaian tanpa primer dan setting spray, sebetulnya sudah mulai ada oil di beberapa area wajah dalam kadar yang masih sangat wajar karena sebelumnya aku pake moisturizer yang cukup rich dan foundation yang dewy finish. Tapi kalau ada temen-temen yang punya kulit cenderung kering, pasti tau banget kalau kondisi kaya gini malah bikin foundation lebih ngeblend di wajah. Yang terpenting contour dan blush masih pada tempatnya. Intensitasnya pun ga berkurang dari jam pertama. Setelah foto ini, aku hanya blot dengan tissue dan lanjut beraktivitas di luar sampai malam.
Setelah 7 jam dan blotting pada jam ke 3, aku ngerasa seluruh complexion aku masih aman, tidak oily, dan tidak menurun level shadenya walaupun untuk intensitas produk dekoratif mulai memudar karena aku juga naik motor pas ngetes ini. Btw disini udah sampe ganti lipstick malah haha. Yang aku suka, biasanya beberapa produk matte akan patchy di area wajah aku yang kering. Hamdallah untuk produk fit me 12H Oil control powder ini aman di area wajah aku yang kering dan ga malah menonjolkan tekstur kulit semakin lama digunakan.

Sejujurnya aku sendiri menggunakan makeup ga pernah lebih dari 7 jam ke atas, bagi aku dengan kondisi kulit cenderung normal to dry dan oily di t-zone, produk ini cukup bisa mempertahankan seluruh dekoratif makeup yang ada di atas complexion aku dalam waktu yang cukup lama. Oil yang dihasilkan di wajah pun masih sangat aman (fyi, kondisi wajah aku cenderung kering tapi akan menghasilkan oil jika produk yang dipakai membuat kulit dehidrasi/terlalu matte). Yang terpenting, walaupun bedak padat Maybelline fit 12H Oil Control Powder ini punya finish yang matte..produk ini ga membuat wajah aku menjadi bertekstur dan cakey. 

Bagi temen-temen yang mau cobain produk Maybelline Fit Me! 12H Oil Control Powder ini, sekarang sudah bisa didapatkan di Indomaret dan Toko Kosmetik. Jangan khawatir untuk pilihan warnanya, karena saat ini sudah tersedia 6 shades yang bisa kamu pilih sesuai dengan skintonemu. Atau temen-temen disini ada yang udah cobain juga dan mungkin punya jenis kulit yang oily? Yuk share di kolom komen πŸ˜‰




4 komentar

  1. Bentuknya yg bulet begini tadinya kupikir kalau refill loh Bund, wkwkwk. Ternyata bukan. Btw ini beda sama yg kemasan kotak itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda bund ternyata hahah aku awalnya juga berpikir samaa~ tapi ternyata ini varian barunya

      Hapus
  2. Aku cocok pake Fit Me, tapi belom cobain bedaknya. Maybe setelah bedakku yang sekarang abis, aku bakal cobain deh. Walaupun kalau aku lihat di kulitmu kelihatan matte banget ya. Kayanya aku perlu pake setting spray or simply face spray biar blending perfectly like second skin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini fit me pertama akuuu juga untuk bedak haha iyes lebih ke mattifying complexion. Ngeholdnya complexion dan dekoratif di bawahnya oke sih Erny.
      Tp ya memang matte sekali di awal pemakaian..terlebih lagi karena kulit aku normal to dry.

      Hapus