3 TIPS UNTUK KULIT KERING

9 Des 2018



Pergantian cuaca seperti ini bukan hanya bikin daya tahan tubuh melemah, tapi juga bikin kulit jadi super duper kering. Buat aku yang memang sudah dasarnya memiliki kulit kering, keadaan seperti ini bikin aku harus lebih ekstra merawat kulit tapi juga tidak melupakan 3 hal basic yang aku lakukan untuk mencegah kulit semakin kering. 

Nah, di post kali ini aku mau share 3 tips merawat kulit kering yang basic banget dan ga boleh di-skip sama temen-temen yang memiliki dry skin.


MENGONSUMSI AIR PUTIH, BUAH, DAN SAYUR


Buat aku pribadi merawat kulit ga bisa hanya mengandalkan perawatan dari luar, tapi juga harus dengan mengatur apa yang kita konsumsi. Tips yang pertama ini sebenarnya berlaku bagi semua orang bukan hanya yang bagi berkulit kering. 

Mengonsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari adalah kebutuhan utama bagi tubuh kita. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, kulit kita juga bisa terhidrasi dari dalam. Bagi temen-temen yang mungkin bekerja office hours, aku sarankan untuk membawa botol minum untuk ditaruh di meja kerja. Ini aku terapkan ke suami aku sendiri, soalnya jujur kalau udah kerja duduk tuh mager banget kan mau ambil minum hahaha.

Konsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kulit, karena kaya akan vitamin, air, dan juga antioksidan yang tinggi untuk mencegah premature aging. Apalagi kegiatan kita sehari-hari bakal membuat kita sering terpapar matahari dan polusi. 



Kalau temen-temen juga mem-follow aku di Instagram, pasti tau aku suka bikin smoothies buah dan sayur untuk sehari-hari. Aku yakin setiap orang punya cara yang paling nyaman dalam mengonsumsi buah dan sayur. Tapi kalau aku pribadi, aku lebih suka bikin smoothies supaya lebih segar dan lebih praktis saat mengonsumsinya. 


HINDARI PRODUK MATTE

Kalau kulit aku udah ekstra kering, aku bener-bener menghindari penggunaan produk kosmetik matte. Iya sih emang sekarang lagi hits banget produk kosmetik yang matte, tapi coba deh diinget kalau kita menggunakan makeup itu ga sebentar dan selama itu juga wajah kita ga terhidrasi oleh produk apa pun. Fix banget udahnya pasti jadi super kering! Jadi aku sangat menyarankan untuk menggunakan produk dengan finish yang satin dan dewyuntuk teman-teman yang memiliki tipe kulit kering.

Kalau tetep banget kepengen pake produk matte? Boleh, asalkan skin preparation untuk melembapkan wajahnya harus bener-bener ekstra ya. Partini aku akan lanjut jelaskan di tips yang ketiga.


GUNAKAN SKINCARE YANG MELEMBAPKAN

Berbagai jenis skincare di pasaran itu banyak banget dan pasti sudah ada penjelasannya untuk jenis kulit seperti apa. Nah, aku di sini cuma hanya memberikan tips produk apa yang ga boleh di-skip dan produk apa yang bisa menunjang kelembapan kulit.

- Jangan pernah skip moisturizer dan hydrating toner.




Dua produk ini adalah basic skincare yang menurut aku semua orang harus punya. Hydrating toner memiliki fungsi untuk menyeimbangkan PH kulit setelah cuci muka dan juga menambah kelembapan. Setelah menggunakan toner, gunakan moisturizer untuk menambah dan sekaligus mengunci kelembapan di wajah. 

- Aplikasikan face mist secara berkala di saat wajah sudah terasa kering


Dulu aku pikir face misthanya memberikan sensasi fresh ke wajah, ternyata face mist ngebantu banget melembapkan kulit di saat kulit lagi super kering dan gak memungkinkan untuk re-apply moisturizer.

- Gunakan sheet mask dan sleeping mask

Untuk tipe kulit yang dry skin, memang moisturizer aja ga cukup. Jadi aku selalu menambahkan ekstra hydration dengan sheet mask dan sleeping mask. Aku gunakan secara berkala dan bergantian, biasanya sheet mask 1 kali seminggu dan sleeping mask 2 kali seminggu.

Produk-produk ini biasanya aku dapatkan di Shopee. Aku suka banget belanja di Shopee karena bisa nyari apapun dengan harga yang lebih murah dan free ongkir sis! Free ongkos kirim itu berharga loh buat emak-emak, bisa buat dialokasikan ke uang belanja sayur hahaha. 

Jadi kurang lebih 3 hal itu adalah hal yang aku ga pernah skip untuk merawat kulit kering aku. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa dipraktekin ya temen-temen, apalagi cuaca lagi ga bersahabat gini :D


1 komentar

  1. OMG aku lihat kulitmu di foto pertama kok seneng banget. Kelihatan super healthy! Terus setuju sih kalau asupan makanan kita sangat menentukan kondisi kulit kita

    BalasHapus